Angkasa Pura 2

3 Kapal Penyeberangan Tabrakan di Pelabuhan Bakauheni

DermagaSelasa, 3 Desember 2019
3-kapal-penyeberangan-tabrakan-beruntun-di-pelabuhan-bakauheni-T2Q

LAMPUNG (BeritaTrans.com) – Tiga kapal motor penumpang (KMP) mengalami tabrakan di sebelah selatanPelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (3/12/2019).

Tabrakan ini berawal saat KMP Amarisa menabrak KMP Nusa Agung, dan selanjutnya menabrak KMP Suki 2 yang datang dari arah samping. Peristiwa terjadi sekitar jam 06.30 WIB.

kapal_tabrakan

Derasnya arus laut di Selat Aunda membuat para nahkoda kesulitan mengendalikan laju kapal. Tali jangkar yang dipasang pun tak mampu menahan lajunya kapal sehingga menabrak kapal yang ada di depannya.

Akibat tabrakan beruntun tersebut terjadi kerusakan di bagian samping KMP Nusa Agung yang pada saat kejadian sedang mendapat jadwal anchor atau istirahat.

Menurut keterangan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) cabang Bakauheni, penyebab tabrakan tersebut karena arus bawah laut yang begitu kencang. Saat ini ketiga kapal tersebut sedang diperiksa petugas KSOP cabang Bakauheni.

Kepala KSOP Bakauheni, Iwan Syahrial menjelaskan, cuaca buruk di perairan Selat Sunda dalam beberapa hari terakhir menyebabkan arus deras bawah laut membuat kapal-kapal kesulitan sandar dan sulit dikendaikan.

“PT ASDP Bakauheni dan otoritas penyebrangan mengimbau kepada para nahkoda kapal untuk selalu waspada dan hati-hati saat berlayar maupun hendak bersandar,” katanya.

Tabrak Gangway

Sebelumnya akibat cuaca buruk, kapal feri Mutiara Persada menabrak gangway pintu masuk penumpang saat hendak bersandar di Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/11/2019).

cuaca-buruk-kapal-feri-mustika-gagal-sandar-tabrak-gangway-dermaga-OHX (1)Cuaca buruk, KPM Mutiara Persada menabrak gangway pintu masuk penumpang saat hendak bersandar di Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/11/2019)./Foto/iNews TV.Heri F

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun untuk sementara jembatan penumpang pejalan kaki tidak bisa digunakan karena mengalami kerusakan yang cukup parah.

(jasmine/sumber: sindonews.com/foto:/iNews TV/Heri Fulistiawan).

loading...