Angkasa Pura 2

Atasi Kekurangan Sopir, Aptrindo Gelar Pelatihan untuk Pelatih

KoridorSelasa, 3 Desember 2019
IMG_20191203_105436-800x600

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menggelar pelatihan bagi pelatih (training for trainer) untuk memenuhi kekurangan sopir angkutan barang yang qualified.

Hal itu diungkapkan Kyatmaja Lookman, Wakil Ketua DPP Aptrindo dalam percakapan dengan BeritaTrans.com, di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dalam melaksanakan program pelatihan bagi pelatih, Aptrindo bekerjasama dengan PT Pancanaka. Sampai saat ini sudah sekitar 80 trainer dari sejumlah perusahaan angkutan barang selesai dilatih .

Mereka selanjutnya melakukan pelatihan kepada pengemudi di perusahaan angkutan masing- masing, ujarnya.

Pengemudi yang sudah dilatih di perusahaan masing masing tadi kemudian diuji oleh Aptrindo kerjasama dengan Pancanaka. Bagi yang lulus diberi sertifikat dari Aptrindo.

Kalau di antara pengemudi ingin mendapatkan sertifikat
berstandar Badan Nasional Seritifikasi Profesi (BNSP) bisa ikut ujian di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) seperti di LSP – Logistik Insan Prima.

Menurut Kyatmaja, Aptrindo menggelar sendiri training for trainer dari perusahaan angkutan barang anggotanya merupakan cara paling mungkin dilakukan untuk mengatasi kekurangan tenaga sopir handal.

“Karena kalau dilatih di luar Aptrindo”, kata Kyat , pengusaha angkutan keberatan karena biaya cukup mahal antara Rp2-3juta/sopir, sopir yang sudah handal sering dibajak dan waktu untuk sopir mengikuti pendidikan dianggap mengurangi aktivitas kerja.(wilam)

loading...