Angkasa Pura 2

Balitbanghub Sertifikasi Instalasi Prototype Low Level Wind Shear Detector di YIA

Bandara KokpitSelasa, 3 Desember 2019
IMG-20191203-WA0031

IMG-20191203-WA0028

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembabgan Perhubungan (Balitbanghub) sertifikasi instalasi prototype Low Level Wind Shear Detector dan Standing Water Detector di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo.

Kapuslitbang Transportasi Udara, Moh. Alwi langsung mengawasi dan melakukan pengujian prototype tersebut bersama pihak ITS Surabaya dan stakeholder terkait lainnya.

Setiba di Bandara YIA Jumat (29/11/2019) malam, Alwi dan rombongan langsung melihat tempat monitoring prototype-nya.

“Saya menyarankan ke pihak ITS untuk lebih disempurnakan lagi, dan minta data-data lebih akurat dari windshear detectornya,” jelas Alwi.

IMG-20191203-WA0026

Untuk standing water, kata dia, perlu dilakukan penyempurnaan sistem monitoring. Contohnya bila indikator normal maka diberi warna hijau, warna kuning waspada, dan bahaya dengan indikator merah.

“Kemarin itu anginnya masih tergolong normal dan aman, sehingga belum ada fenomena windshearnya, jadi belum bisa terdeteksi langsung,” ungkapnya.

Menurut Alwi, kesimpulan dari rencana sertifikasi adalah perlunya dilakukan penyempurnaan prototype dari dua alat tersebut untuk keselamatan penerbangan. (omy)

loading...