Angkasa Pura 2

Kemenhub Serahkan 2 Kapal di Tidore

DermagaSelasa, 3 Desember 2019
IMG-20191203-WA0040

IMG-20191203-WA0038

TIDORE (BeritaTrans.com) – Dorong laju perekonomian di Daerah khususnya di Kota Tidore, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan serahkan dua kapal yang rampung dibangun kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) .

“Hari ini kami serah terima dua buah kapal yakni Gandha Nusantara 17 kepada PT Pelni dan KM Banawa Nusantara 32 kepada Pemerintah Kota Tidore guna mendorong konektivitas wilayah yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian di Kota Tidore dan sekitarnya,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut diwakili Kepala Seksi Tremper dan Pelabuhan Rakyat Hasan Sadili di Pelabuhan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Selasa (3/12/2019).

Hasan mengungkapkan, kapal Gandha Nusantara 17 dan KM Banawa Nusantara 32 pesanan Kemenhub dibangun di galangan PT Daya Yes Samarinda.

“Sebelumnya, ada beberapa kapal yang telah kami serahkan, antara lain Gandha Nusantara 06 sudah diserahkan di Bitung, lalu Gandha Nusantara 13 di Likupang Manado untuk wisata, Gandha Nusantara 18 di Bunaken Manado, serta Ghanda Nusnatara 13 untuk Gorontalo Utara,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, KM Banawa Nusantara 32 baru bisa beroperasi mulai tahun 2020. Namun Gandha Nusantara 17 sudah bisa mulai beroperasi setelah diserahterimakan hari ini.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Asrulsani Soleman menyebutkan, kapal bantuan ini rencananya akan dimanfaatkan untuk menghubungkan pulau-pulau di sekitar Kota Tidore yang selama ini menggunakan perahu.

“Kapal ini kami harapkan bisa mendukung laju perekonomian daerah Tidore dan sekitarnya,” imbuh Asrulsani.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Perhubungan Laut yang telah menyerahkan KM Banawa Nusantara 32 kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore.

“Kepada Hubla kami ucapkan terimakasih, karena bantuan ini sangat diperlukan masyarakat di sini. Kami mengingatkan bahwa penyerahan kapal ini menjadi wujud dari perhatian pemerintah pusat kepada Tidore dan seluruh penumpang gratis saat naik kapal ini,” ujarnya. (omy)

loading...