Angkasa Pura 2

ADB Dukung Pemulihan 3 Pelabuhan dan 1 Bandara di Sulawesi Tengah

Bandara Dermaga KokpitJumat, 6 Desember 2019
IMG_20191206_101306

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Asia Development Bank (ADB) dukung pemulihan tiga pelabuhan dan satu bandara di Sulawesi Tengah pasca gempa tahun lalu

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela Konperensi Pers 12th Transport Ministers Meeting BIMP-EAGA and Related Meeting di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

“Bantuan senilai 100 juta US dolar dan akan dimulai pada tahun 2020,” ujar Menhub.

Indonesia kata dia juga mengusulkan untuk meminta bantuan ADB agar dapat dikembangkannya suatu portal untuk dapat mengupload pengaturan Non-Convention Sized Ships (NCSS).

“Dengan begitu dapat diakses oleh semua negara anggota dan dapat mengetahui bagaimana pengaturan kapal non konvensi di masing-masing negara BIMP-EAGA,” tuturnya.

Indonesia mengusulkan pelabuhan Benoa walaupun tidak masuk ke wilayah BIMP-EAGA namun untuk mendukung Cruise Tourism.

Menhub menyebutkan, pertemuan regular setingkat menteri antara negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Filipina yang diselenggarakan bergantian.

“Pertemuan ini untuk membahas serta memonitor perkembangan proyek-proyek dan kerja sama di bidang transportasi darat, laut, udara maupun perkeretaapian yang sedang berjalan,” imbuh dia.

Perwakilan yang hadir adalah Datuk Kamaruddin Jafar Wakil Menteri Transportasi Malaysia, Sekjen Menteri Transportasi Brunei Mohammad Nazri, dan Sekjen Menteri Transportasi Filipina Lino Hambala Dabi. (omy)