Angkasa Pura 2

Parung-Serpong akan Tersambung Tol

KoridorJumat, 6 Desember 2019
12f628dc-9d87-4ef6-9a01-e5d2461cb067_169.jpeg

Jakarta (BeritaTrans.com) – Warga Parung Bogor hingga Sawangan Depok dan sekitarnya akan semakin dimanjakan oleh fasilitas infrastruktur tol. Kementerian PUPR sedang menyiapkan jaringan Tol Parung-Serpong atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) III. Tol ini melengkapi JORR I yang sudah tersambung dan JORR II yang akan rampung pada Mei 2020.

“Tol Desari (Depok-Antasari) kan ke selatan, kalau kita teruskan menyambung dengan Bogor Ring Road (BORR) dan kita juga ada satu ruas yang akan kita tenderkan tahun depan antara Serpong hingga Parung. Kalau kita gambarkan itu, kira-kira akan kita jadikan JORR III,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Pintu Tol Parigi Tol Serpong-Kunciran, Jumat (6/12).

Saat ini jaringan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) sedang diperpanjang ke arah Parung. Tol ini akan menyambung dengan jaringan Tol Desari yang menghubungkan Jakarta (Jalan Antasari) dengan wilayah Depok (Sawangan).

Danang mengatakan tender ruas Parung-Serpong atau JORR III hanya satu dari sekian ruas tol yang akan segera ditenderkan PUPR. Beberapa ruas tol baru antara lain Solo-Yogyakarta, Bawen-Yogyakarta, Gedebage-Cilacap, dan Semanan-Balaraja.

“Satu-satu kita liat yang lebih siap kita akan tenderkan,” katanya.

Seperti diketahui JORR I mencakup Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren, total panjannya 68 Km.

Sedangkan JORR II antara lain Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km), total panjangnya 110 Km. Dari ruas-ruas di atas, yang sudah beroperasi adalah ruas Cinere-Jagorawi dan Kunciran-Serpong. (Lia/sumber dan foto:cnbcindonesia)

loading...