Angkasa Pura 2

Bandara Ngurah Rai Raih Penghargaan “The Best Airport of The Year” dari Bandara Award 2019

Bandara Ekonomi & BisnisSabtu, 7 Desember 2019
IMG-20191207-WA0040

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) raih penghargaan “The Best Airport of The Year” dalam Bandara Awards 2019 yang diselenggarakan Majalah Bandara.

Ketua Dewan Juri Bandara Awards Herry Bakti mengemukakan, Bandara I Gusti Ngurah Rai menyisihkan 98 bandara lainnya yang disurvei dalam rangka Bandara Awards 2019.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi kinerja insan Angkasa Pura I, khususnya Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dalam memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa bandara. Saya harap penghargaan ini menjadi pendorong untuk senantiasa berkontribusi penuh terhadap pelayanan bandara,” ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bandara kelolaan Angkasa Pura I yang kerap diganjar berbagai penghargaan nasional maupun internasional.

Pada 2018, Bandara Ngurah Rai Bali berhasil meraih penghargaan dalam ajang Airport Service Quality (ASQ Awards) oleh Airport Council International (ACI) pada tiga kategori yaitu:

1. “Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year”. Bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun.

2. “1st place tie Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year” atau Bandara terbaik (Peringkat Pertama) pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun

3. “2nd place tie Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year)” atau Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang di atas 2 juta orang per tahun.

Pada ajang yang sama (ASQ Awards), tahun 2016 dan 2015 Bandara Bali meraih Peringkat Ketiga Bandara Terbaik Dunia 2016 dan 2015 pada kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun.

“Berbagai penghargaan yang diraih Bandara Ngurah Rai Bali merupakan buah dari komitmen penyediaan layanan prima termasuk berbagai fasilitas yang memberikan kemudahan kepada pengguna jasa bandara,” tuturnya.

Beberapa fasilitas tersebut yaitu  x-ray smartlane, mesin autogate keimigrasian, orientation zone, dan airport operation control center (AOCC), di mana beberapa dari fasilitas ini baru hanya ada di Bandara Ngurah Rai Bali.

Selain Bandara Ngurah Rai Bali, empat bandara Angkasa Pura I lainnya juga mendapat penghargaan di kategori “Bandara Terbaik Angkasa Pura I”. Keempat bandara tersebut yaitu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (Juara 2), Bandara Jenderal Ahmad Yani (Juara 3), Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

Terkait kegiatan Bandara Awards ini, Herry Bakti mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para pengelola bandara untuk semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara menjadi semakin baik dan kompetitif, menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia.

“Dengan begitu akam mampu meningkatkan citra penerbangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia,” tutur Herry.

Sementara Chariman Bandara Indonesia Group (BIG) Erwin Nurdin menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara berdasarkan hasil survei langsung ke bandara-bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote.

“Survei tahun ini dimulai April hingga Oktober 2019, dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh  penumpang pesawat di 100 bandara tersebut,” ujar Erwin.

Hasil survei itu dijadikan acuan Dewan Juri untuk menentukan bandara-bandara yang layak memeroleh penghargaan. (omy)