Angkasa Pura 2

DAHSYAT! Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Satu-Satunya Institusi Kemenhub Sandingkan WBK dan WBBM

DermagaSelasa, 10 Desember 2019
11102019154227

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menjadi satu-satunya institusi di Kementerian Perhubungan (Kememhub) meraih dua penghargaan paling bergengsi yakni Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Sebelumnya kantor di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut itu menjadi satu-satunya institusi di Kemenhub, yang meraih WBK.

Paling anyar, kantor tersebut menerima penghargaan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Selasa (10/12), di hotel Bidakara Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Cahyo Kumolo yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi kepada Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kombes Pol. Capt. Hermanta SH, MM, MMar.

11102019154251

Kepala Kantor otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (OP), Capt hermanta mengatakan “Reformasi Birokrasi merupakan langkah utama bagi pemerintah (Kemenhub) untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang baik. Sasaran utamanya yaitu mewujudkan birokrasi yang semakin bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien, serta berorintasi pada pelayanan publik yang berkualitas”.

Beberapa indikator yang harus dilakukan sebelum sebuah instansi dianggap layak memperoleh penghargaan Zona Integritas, yaitu; Pertama adalah pencanangan Zona Integritas pada unit kerja. Kedua, membangun 6 (enam) area perubahan yang meliputi: manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Capt. Hermanta menuturkan “keberhasilan ini merupakan wujud dari apresiasi terhadap prestasi yang dibangun seluruh jajaran Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, yang telah menggelar wilayah Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2018″.

“Semua ini juga karena bimbingan luar biasa dari Bapak Menteri Perhubungan, Bapak Dirjen Perhubungan Laut, Bapak Sekjen Kementerian Perhubungan, Bapak Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan dan para pejabat lainnya di Kementerian Perhubungan,” ungkap Capt. Hermanta.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menyampaikan, “Saya berharap, penghargaan ini dapat menjadi contoh yang dapat menularkan virus-virus reformasi dan perbaikan tata kelola kepada unit kerja pelayanan di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut lainnya”.

WBK

11102019154313

Sebelumnya negara menganugerahkan penghargaan kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Ditjen Perhubungan Laut atas prestasi menggenjot Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Penghargaan WBK kepada lembaga di lingkungan Kementerian Perhubungan dan instansi lainnya itu diserahkan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, Senin (10/12/2018).

Data, yang diperoleh BeritaTrans.com dan Aksi.id, memperlihatkan Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok satu-satunya instansi di Kementerian Perhubungan, yang menerima penghargaan itu.

Catatan BeritaTrans.com dan Aksi.id memperlihatkan salah satu unit Kementerian Perhubungan di Jakarta Utara itu sebelumnya menggelar wilayah zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.

Kantor itu selanjutnya secara berkesinambungan mengkampanyekan sekaligus mengimplementasikan pelayanan dengan penguatan pada aspek integritas terhadap good and clean government.

Penghargaan dari Wakil Presiden menjadi klimaks prestasi yang didulang Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. Sebelumnya sudah lima penghargaan dari instansi lain termasuk dari Kementerian Kesehatan.

Kantor unit pelaksana teknis itu bahkan membuat sejarah baru yakni meraih ISO 9001:2015.

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 itu diserahkan lembaga sertifikasi swasta TUV Nord Indonesia dalam puncak peringatan dan perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2018, yang diusung Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Ditjen Perhubungan Laut, Jumat (15/9/2018).

BIMBINGAN MENHUB

Ketika ditanyakan tentang penghargaan dari Wapres, Hermanta mengutarakan merupakan wujud dari apresiasi terhadap prestasi yang dibangun seluruh jajaran Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami dapat seperti ini karena bimbingan luar biasa dari Bapak Menteri Perhubungan, Bapak Dirjen Perhubungan Laut, Bapak Sekjen Kementerian Perhubungan dan bapak-bapak pejabat lainnya di Kementerian Perhubungan,” cetusnya.

Karenanya, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok atas berbagai prestasi yang diraih. “Kami juga menghaturkan terima kasih kepada Bapak Menteri Perhubungan, Bapak Dirjen Perhubungan Laut, Bapak Sekjen Kementerian Perhubungan dan bapak-bapak pejabat lainnya di Kementerian Perhubungan,” tuturnya.

(Della)

loading...