Angkasa Pura 2

Kapal Bantuan Ditjen Hubla Dipersiapkan Layani Penumpang Antar Pulau di Sinjai

DermagaRabu, 11 Desember 2019
bantuan-kementerian-perhubungan-kepada-pemkab-sinjai

SINJAI (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberi bantuan satu unit kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Bantuan itu diwakili langsung Kepala Dinas Perhubungan Sinjai Irwan Syahrani dari galangan kapal PT. Swarna Centra Buana Indonesia di Bira Bulukumba, Senin (9/12).

Kapal yang di beri nama ‘Benawa Nusantara 105′ itu merupakan moda transportasi yang alternatif bagi masyarakat Sinjai.

” Setidaknya dengan adanya kapal ini bisa menjadi fokus untuk membangun konektifitas antar pulau,” kata Syahrani.

Apalagi Sinjai diketahui memiliki beberapa pulau. Pemerintah pusat tentu berharap dengan adanya kapal Pelra ini yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah dengan status hibah tak lain difungsikan untuk pelayanan masyarakat,” ungkap Irwansyahrani usai melakukan uji layar dari Dermaga Bonto Bahari Bulukumba ke Pelabuhan Cappa Ujung, Kabupaten Sinjai.

Dijelaskan, kapal Pelra tersebut memiliki bobot 35 GT dan mampu melaju dengan kecepatan 9 knot untuk memuat penumpang, barang maupun berbagai kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Selain itu kapal juga di lengkapi dengan sistem navigasi yang lengkap.

Kelebihan lainnya karena di kabin penumpang sudah di lengkapi dengan pendingin ruangan, audio visual, dapur minimalis, WC sampai dengan penunjang keselamatan penumpang ( life jacket) untuk anak-anak dan dewasa.

kapal-ini-nantinya
Kapal bantuan Kementerian Perhubungan kepada Pemkab Sinjai. Kapal ini nantinya untuk memuat penumpang antar pulau di Sinjai (Humas Pemkab Sinjai)

Selain fungsinya sebagai alat transportasi masyarakat juga diharapkan bisa menjadi penunjang pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Sinjai ke depan, tutur Kadis Perhubungan, Irwansyahrani.

Terpisah, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan kepada pihak Kementerian Perhubungan yang telah memberikan bantuan satu unit kapal pelayaran rakyat untuk masyarakat.

“Ini satu kesyukuran bagi masyarakat dan Pemkab Sinjai.Tentunya kita berharap capaian ini sebisa mungkin nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran,” harap Bupati Sinjai, A Seto Gadhista Asapa.

Di Kabupaten Sinjai terdapat sembilan pulau. Satu diantaranya tidak dihuni manusia melainkan dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah daerah. (Lia/sumber dan foto:tribunsinjai)

loading...