Angkasa Pura 2

UMKM Tersenyum di SMMILE Center Bandara Soetta

Bandara Ekonomi & BisnisMinggu, 15 Desember 2019
1115201964716

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Cara PT Angkasa Pura II peduli terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memang unik dan karenanya patut diapresiasi.

Pengelola bandara itu menyediakan tempat strategis dan nyaman untuk UMKM memasarkan produk di bandara. Hampir setiap terminal terdapat booth atau tempat pameran hingga pemasaran hasil UMKM dari berbagai daerah.

“Pada posisi itu, kami juga menggenjot menjadi wisata tersendiri. Gerai produk UMKM sebagai wisata belanja,” cetus Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Minggu (15/12/2019).

1115201964727

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, contohnya. Bandara terbesar di Indonesia itu menyediakan kawasan pengembangan UMKM yang dinamai SMMILE Center atau Small, Micro & Medium Business Incubator with Learning and Experience Center.

Muhammad Awaluddin mengatakan SMMILE Center di Terminal 3 Bandara Soetta secara holistik membantu UMKM untuk berkembang secara berkelanjutan.

“Di SMMILE Center, pengembangan UMKM dilakukan mulai dari inkubasi, pelatihan hingga pembiayaan. Yang terpenting adalah adanya keberlanjutan dalam program pengembangan UMKM yang memiliki suatu nilai tambah dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ujarnya.

1115201964744

Untuk memanjakan pengunjung di SMMILE Center Area Plaza Terminal 3 Domestik digelar berbagai event, paling anyar SMMILE Food Festival 2019.

Gelaran pada 12 Desember hingga 14 Desember, dari jam 10.00 sampai jam 21.00 ini mengundang banyak traveler.

Tak hanya penumpang, pengunjung hingga pekerja bandara juga dapat menjumpai puluhan booth yang menawarkan berbagai karya UMKM dan jajanan yang sangat terjangkau. Juga dapat menikmati beragam pertunjukan dan live music.

Project Manager SMMILE Center, Ria Triska Handayani mengatakan, kegiatan ini rencananya digelar 3 hari dan telah berlangsung sejak Kamis (12/12) lalu. Namun, diperpanjang hingga Minggu esok.

1115201964753

“Untuk saat ini terdapat 30 tenant yang terdiri dari 12 tenant food & beverage dan sisanya art craft, fashion, aksesoris dan lainnya,” kata Ria saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Sabtu (14/12/2019) malam.

“Melihat animo dari pengguna jasa bandara, kegiatan ini akan diperpanjang menjadi 4 hari. Jadi rencananya setiap pekannya akan hadir mulai Jumat hingga Minggu,” tambahnya.

Kedepannya lanjut Ria, pihaknya akan mengundang berbagai komunitas yang tidak terbayangkan akan tampil di Bandara. Seperti komunitas pecinta burung, pelukis mural, pehobi mobil antik, seniman teater, dan lain lain.

“Itu sedang kami lakukan pendekatan untuk dihadirkan ke sini. Jadi, Bandara ini bisa menjadi semacam tempat destinasi wisata, dalam hal ini destinasi wisata belanja dan wisata kuliner,” pungkasnya.

Seperti diketahui, PT. Angkasa Pura II (Persero) telah mendirikan SMMILE Center di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta yang merupakan pusat inkubasi UMKM (Small, Micro & Medium Enterprise/SME Experience Center), lalu pusat pelatihan UMKM (SME Training Center) dan pusat pembiayaan UMKM (SME Financial Center).