Angkasa Pura 2

Bajak Laut Serang Kapal Tanker Duke & Culik 20 Kru

DermagaSenin, 16 Desember 2019
1162880

LOME (BeritaTrana.com) – Kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall, Duke, diserang pada hari Minggu ketika ia berlayar dari Luanda, Angola, ke Lomé, Togo.

Enam perompak naik ke kapal sekitar 115 mil laut di tenggara Lomé dan menculik semuanya kecuali satu di kapal – yang diyakini warga negara Nigeria. Kru yang tersisa dari 20 pelaut India diculik.

1116201962753

Menurut analis dari Dryad Maritime, metodologi spesifik yang digunakan tidak jelas, tetapi mengingat bahwa insiden tersebut terjadi pada jarak yang cukup jauh di lepas pantai, para perompak kemungkinan telah menggunakan kapal induk untuk membantu operasi.

Insiden itu adalah peristiwa penculikan terbesar di Afrika Barat tahun ini, dan itu mengikuti penculikan 19 warga negara India dari kapal Nave Constellation pada 4 Desember.

Bajak laut naik kapal itu dan empat personel diculik, tiga di antaranya baru-baru ini dirilis dengan sekarat keempat. dari penyakit saat ditawan.

Insiden itu adalah insiden keamanan maritim ke 10 dan insiden penculikan keempat di perairan Togo pada tahun 2019.

Dryad Maritime mencatat bahwa itu bukan penculikan terbesar di wilayah tersebut. Pada bulan Februari 2018, 22 pelaut India diculik dari Marine Express di lepas pantai dari Benin.

Dryad Maritime mengatakan: “Perairan Togo dan Benin sejauh ini telah mengalami sedikit penurunan jumlah insiden ketika ditetapkan terhadap insiden tahun 2018.

Namun, dengan lima penculikan dalam 2019 melawan nol pada 2018, telah terjadi peningkatan signifikan dalam hal serius. kejahatan maritim dan ada peningkatan langsung terhadap risiko yang dihadapi kapal dan awak di daerah ini. ”

Semakin banyak insiden penculikan terjadi di luar ZEE Nigeria, dan Dryad Maritime mengatakan ini mungkin mencerminkan kepolisian yang lebih efektif dalam zona tersebut.

Perompak sekarang dapat mempertimbangkan bahwa biaya bekerja lebih jauh dari pantai membutuhkan pengembalian yang lebih besar – penculikan daripada pencurian.

“Ini secara realistis dapat menjelaskan uptick baru-baru ini dalam penculikan dalam 18 bulan terakhir melawan tren yang lebih luas yang menunjukkan pengurangan insiden.”

(jasmine/sumber: maritime-executive.com)