Angkasa Pura 2

Jelang Nataru, Kemenhub Siapkan Beberapa Hal Ini pada Angkutan Penyeberangan

Dermaga KoridorSenin, 16 Desember 2019
IMG-20191216-WA0092

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan siapkan beberapa hal ini pada angkutan penyeberangan.

“Kami menyiapkan contingency plan untuk Angkutan Penyeberangan selama angkutan Nataru,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Diantaranya adalah:

1. Penyediaan tugboat guna antisipasi cuaca buruk dan lain-lain;

2. Manajemen operasional lalu lintas terkait pelayanan dan e-ticketing serta pengendalian kecelakaan lalu lintas;

3. Menetapkan satu komando pada setiap sektor operasional, untuk menghindari perbedaan pandangan dan penetapan pengambilan keputusan;

4. Penyediaan sarana kapal penyeberangan untuk ekstra trip jika terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan;

5. Imbauan kepada pengguna jasa penyeberangan untuk penyeberangan di siang hari, mengingat kepadatan cenderung terjadi di malam hari.

“Dari sisi infrastruktur, jalan tol Trans Sumatera saat ini sudah terhubung dari Lampung sampai dengan Palembang,” tuturnya.

Dari Kayu Agung sampai Palembang jalan tolnya masih fungsional. Ini jadi perhatian khusus Menteri Perhubungan untuk melihat langsung kesiapan Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Pertamina, juga rest area dari Lampung sampai Palembang.

“Infrastruktur ini akan memberikan stimulus masyarakat untuk melakukan perjalanan ke Jawa dan sebaliknya,” ungkapnya.

Potensi peningkatan penyeberangan di Merak-Bakauheni kata dia, akan cukup banyak.

“Sementara kita punya dermaga hanya 6, karena dermaga 4 sedang dalam perbaikan,” simpul Dirjen Budi.

Semoga semua berjalan lancar dan masyarakat baik yang akan mudik maupun berlibur dapat melaksanakannya dengan gembira. (omy)