Angkasa Pura 2

Mulai Hari Ini Bandara Samarinda Kembali Beroperasi

Bandara KokpitSenin, 16 Desember 2019
[foto oleh Ersa Danu] Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mulai hari ini (16/12/2019) Bandar Udara Aji Panggeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, dibuka kembali dan beroperasi normal.

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, menyampaikan, bandara sempat ditutup sejak 20 November 2019 seiring telah selesainya perbaikan taxiway dan pemasangan lampu runway.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan verifikasi dilakukan oleh Ditjen Hubud untuk menjamin keselamatan penerbangan.

“Verifikasi telah dilakukan Ditjen Hubud untuk memastikan taxiway sudah aman untuk operasional,” kata Dirjen Polana di Jakarta.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi memastikan operasional penerbangan di bandara aman saat akan dibuka kembali. Semua maskapai yaitu Batik Air, Lion Air, Wings Air, Citilink, Express Air, Susi Air akan beroperasi normal.

Untuk Garuda Indonesia, belum diperoleh informasi. Sedangkan NAM Air baru operasi kembali 20 Desember 2019.

“Semua ground handling beroperasi dan bersiap melayani penerbangan menghadapi Natal dan Tahun Baru,” kata Dodi.

Adapun pekerjaan yang telah dilaksanakan di bandara adalah peningkatan struktur taxiway sepanjang 100 meter guna peningkatan daya dukung Bandara APT Pranoto oleh Dinas Perhubungan Pemprov Kaltim dan pemasangan Air Field Lighting (AFL) System atau lampu runway termasuk lampu-lampu di sekitar apron dan taxiway.

Untuk diketahui, Bandara APT Pranoto sendiri memiliki luas area 350 hektare, terdiri dari sarana berupa gedung administrasi, runway 2.250 x 45 meter, apron, taxiway 173 x 23 meter, hanggar luas 36.342,4 meter persegi. (omy)