Angkasa Pura 2

Gojek Dikabarkan Bakal Beli 5% Saham Blue Bird

Ekonomi & Bisnis KoridorSelasa, 17 Desember 2019
images.jpeg-124

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Gojek dikabarkan bakal membeli lima persen saham operator taksi PT Blue Bird Tbk. Negosiasi sudah mencapai tahap akhir.

Dilansir Bloomberg, Senin (16/12/2019), Gojek menyiapkan dana sekitar Rp420 miliar untuk memiliki saham minoritas di perusahaan milik keluarga Djokosoetono tersebut. Angka tersebut didasarkan pada valuasi Blue Bird sebesar Rp8,4 triliun.

Harga pembelian tersebut lebih mahal 20 persen dari harga penutupan saham hari ini. Pada Senin sore, harga saham emiten dengan kode BIRD tersebut ditutup di level Rp2.750 per lembar, turun hampir 5 persen.

Akuisisi tersebut diprediksi bakal memperkuat kolaborasi antara Gojek dan Blue Bird. Kedua perusahaan sebelumnya telah bekerja sama dengan kehadiran layanan taksi Blue Bird di aplikasi Gojek.

Selain itu, kehadiran Gojek sebagai pemegang saham minoritas Blue Bird juga akan meredakan ketegangan terkait munculnya fenomena transportasi online. Akuisisi ini sekaligus menjadi yang terbesar sejauh ini yang pernah dilakukan oleh perusahaan yang didirikan Nadiem Makarim itu.

Gojek menolak mengomentari spekulasi tersebut. Begitu juga dengan pihak Blue Bird. (Lia/sumber:inews)