Angkasa Pura 2

Heboh Di Bekasi, Spanduk Larangan Beli Mobil Sebelum Punya Garasi

Another News KoridorRabu, 15 Januari 2020
heboh-spanduk-larangan-beli-mobil-sebelum-punya-garasi-di-bekasi-YmgL6xPThx

BEKASI(Beritatrans.com) – Baru-baru ini, jagat media sosial ramai dengan kabar pemerintah Kota Depok menerapkan denda bagi warga yang memarkirkan kendaraan sembarangan. Mengingat, selama ini masih banyak pemilik kendaraan khususnya roda empat yang parkir sembarangan.

Begitu juga di Kota Bekasi. Ada salah satu wilayah di Kota Bekasi, yakni di RW 022 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Di RW tersebut warga berinisiatif memasang spanduk dengan narasi, “Siapkan garasinya dulu sebelum beli mobil. Jalanan kampung adalah milik warga bro, bukan garasi mobil pribadimu. Jangan rampas hak jalan untuk orang lain”.

Narasi itu tertuang dalam spanduk yang dipasang di sejumlah titik di wilayah RW 022, Kelurahan Hraapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Berdasarkan pengamatan Okezone, baru wilayah Harapan Jaya, khususnya di lingkup RW 022 yang melarang warga memarkirkan kendaraanya sembarangan.

Berdasarkan keterangan warga RW 002, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Lela penerapan larangan warga yang memiliki kendaraan roda empat parkir sembarangan sudah sejak Bulan Oktober 2019.

“Sudah sejak bulan Oktober, efektif juga, karena wilayah kami ada yang memiliki kendaraan roda empat dua, jadi ketika itu semerawut bangat,” kata dia ketika ditemui wartawan di kawasan Harapan Jaya, Kota Bekasi, Rabu (15/1/2020).

Ketika penerapan itu diberlakukan, kata dia, memang sedikit sulit. Pasalnya, banyak warga yang masih memarkirkan kendaraanya dengan sembarang. Alhasil, wilayahnya kerap macet bila jam pulang kerja.

“Kita sosialisasikan, bikin selebaran, tapi gak efektif. Akhirnya bikin spanduk, lumayan efektif,” kata dia.

Karena spanduk tersebut, pada akhirnya para warga berinisiatif membuat lahan parkir di sejumlah titik. “Mereka sosialisasi, dan membuat lahan parkir di sejumlah titik,” kata dia.

Berdasarkan pengamatan Okezone, wilayah di RW022 memang ada beberapa kantong parkir, yang disediakan untuk parkir kendaraan roda empat.

Kendaraan itu terlihat berjejer dengan rapih. Tidak ditemukan kendaraan yang memarkir sembarangan di halaman rumah. Itu semua, kata Lela, membuat wilayahnya tidak lagi macet.

“Sekarang gak ada kemacetan lagi, dulu ampun deh, macet parah,” kata dia. (ny/Sumber; Okezone.com)