Angkasa Pura 2

KSOP Kepulauan Seribu Serahkan 185 Sertifikat Kepelautan kepada Awak Kapal Tradisional

DermagaKamis, 16 Januari 2020
IMG-20200116-WA0013_resize_80

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu menyerahkan 185 sertifikat BST KLM, SKK 30 Mil dan Buku Pelaut KLM kepada peserta yang telah mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dari tanggal 2-6 Oktober 2019 yang dilaksanakan di STIP Jakarta.  

IMG-20200116-WA0014

Penyerahan secara simbolis di KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu dan secara serentak dilakukan di beberapa pulau lain, antara lain di  Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Sabira, Kamis (16/1/2020)..

Kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Hanif Kartika Yudha, S.Sos, M.MTr mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan Pemerintah kepada masyarakat sehingga Pemerintah dapat mengawasi dan memastikan masyarakat khususnya para ABK kapal di Kepulauan Seribu dapat menggunakan sarana transportasi kapal dengan baik“ ujar Hanif

“Saya minta agar sertifikat BST KLM, SKK 30 Mil dan BUKU PELAUT KLM ini dapat digunakan dengan baik sesuai kebutuhan dan ketentuan yang belaku sebagai bukti legalitas abk di atas kapal. Kami menghimbau kepada peserta DPM agar menaati aturan-aturan keselamatan pelayaran sesuai UU 17 tahun 2008 tentang pelayaran“ ujar Hanif.

Apresiasi juga diberikan oleh para peserta DPM salah satunya TAUFIK KURAHMAN, ABK kapal Dishub DKI Jakarta trayek Muara Angke ke Kepulauan Seribu.

“Saya merasa senang dan terbantu dengan adanya pemberian sertifikat secara cuma-cuma alias gratis. Dengan memiliki sertifikat ini, saya merasa lebih tenang dalam melaksanakan aktivitas sebagai ABK kapal dan lebih semangat bekerja untuk menghidupi kebutuhan rumah tangga,” kata Taufik.

Hanif yang didampingi stafnya Wahyu Adi Putranto, ST. SH juga tidak tinggal diam dalam menyosialisasikan keselamatan pelayaran kepada masyarakat Kepulauan Seribu melalui program-program keselamatan pelayaran.

Ia berharap, ke depan antara KSOP dan STIP Jakarta dapat semakin bersinergi dalam mendukung program -program Ditjen Perhubungan Laut terkait keselamatan pelayaran.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari STIP Jakarta khususnya kepada Ketua STIP Jakarta beserta jajarannya, karena dari awal perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan ini, kami selalu mendapatkan dukungan yang luar biasa baik. ,” tutup Hanif.(ahmad)

loading...