Angkasa Pura 2

Buku Hasil Kerja Sama Australia dan Indonesia, Vitamin Baru untuk Tata Kelola Pelabuhan

DermagaSelasa, 21 Januari 2020
IMG_20200121_101727

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Buku hasil kerja sama Australia dan Indonesia dinilai Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi
Prof. Wihana Kirana Jaya sebagai vitamin baru untuk tata kelola pelabuhan.

“Ini memberikan vitamin baru dalam meilhat aspek pelabuhan dan ekosistem pelabuhan,” ujar Wihana di Jakarta, Selasa (21/12020).

University of Melbourne hari ini bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan acara Peluncuran Buku Infrastructure Investment in Indonesia: A Focus on Ports.

Hadir Narasumber Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Utama PT. Pelindo II, Elvyn G. Masassya, Ketua Umum ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M. Eng, dan Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia dengan Moderator Prof. Dr. Tech. Ir. Danang Parikesit, M. Sc.

Arif Toha mengemukakan, buku yang hari ini diluncurkan sekaligus dibedah ini merupakan kerja sama antara Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, dan University of Melbourne.

“Dalam buku ini ada contoh terkait kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dan pengelolaan pelabuhan,” ujarnya.

Direktur Pelindo II Elvyn G. Masassya menyambut baik diluncurkannya buku tersebut dan berharap dapat menjadi inspirasi untuk membuat pelabuhan kelolaannya menjadi lebih baik lagi.

“Ini bagus dan inspiratif untuk masukan pada tata kelola pelabuhan menjadi lebih maksimal dengan skema investasi yang beragam,” ucap dia. (omy)