Angkasa Pura 2

Dalam Karya Ilmiah, Ada 2 Kelompok Pendekatan Metodologi

Bandara LitbangSelasa, 21 Januari 2020
karya-tulis-ilmiah

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Principal Sysdyn System Dynamic Bandung Bootcamp (SDBB), Muhammad Tasrif mengungkapkan, secara garis besar, pendekatan metodologi dalam suatu karya ilmiah dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu pendekatan kotak hitam (black box) dan pendekatan struktural.

“Pendekatan kotak hitam didasarkan pada syarat ketersediaan data. Secara implisit, pendekatan ini mengkaji suatu fenomena menurut cara berpikir satu arah, seperti sebab terhadap akibat; lateral thinking,” ujar Tasrif di sela Bimbingan Teknis bagi jajaran Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara , Badan Litbanghub di Jakarta, Rabu (21/1/2020).

Dikatakannya, dalam pendekatan struktural, fokus studi penelitian tidak pada data, melainkan pada struktur fenomena dan perilakunya. Pendekatan ini didasarkan pada paradigma sistem thinking.

Dalam pendekatan sistem thinking dikenal adanya suatu paradigma yang menyatakan bahwa suatu perubahan perilaku atau dinamika dimunculkan oleh suatu struktur unsur-unsur pembentuk yang saling-bergantung (interdependent).

“Dinamika sistem atau system dynamics merupakan strategi yang cocok untuk menjawab pertanyaan penelitian ‘how’ dan ‘why’ dalam pendekatan struktural,” ungkap Tasrif.

Kepala Puslitbang Transportasi Udara Capt. Novyanto Widadi mengungkapkan bahwa Bimtek ini diselenggarakan untul menambah wawasan para peneliti dalam memilah metoda saat melakukan tugasnya.

Menggaet SDBB, dinilai telah banyak berkontribusi secara nasional dalam memberikan masukan yang baik bagi pembangunan nasional. (omy)

loading...