Angkasa Pura 2

Direktur Angkutan Jalan: Ikuti Aturan dan Jalankan Sistem Manajemen Keselamatan!

KoridorSelasa, 21 Januari 2020
IMG_20200121_215319

IMG_20200121_215251

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menegaskan kepada PO Bus agar mengikuti peraturan dan jalankan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK).

Hal itu disampaikannya usai meninjau bus pariwisata di area Parkir Selatan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (21/1/2020).

“Kami akan melakukan action plan agar posisi perizinan lebih baik, operator juga lebih aware terhadap pemenuhan ketentuan pada armadanya,” ujar Yani.

Apalagu jumlah PO bus sangat banyak baik untuk angkutan umum maupun bus pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

“PO bus resmi untuk angkutan antarkota antarpropinsi (AKAP) sebanyak 340 dan
677 untuk bus pariwisata,” ujarnya.

Diakui pengawasan memang tidak bisa 24 jam, untuknya dilakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Semua pihak harus dapat mengawasi dan jangan takut untuk menilang, bila bus pariwisata tidak memenuhi persyaratan. Semua PO juga agar saling berkoordinasi untuk mewujudkan keselamatan transportasi dan nol kecelakaan.

“Kami juga tidak menutup mata bila ada PO bus yang memenuhi ketentuan tentu akan diacungi jempol, kami apresiasi,” imbuh dia.

Hal itu terjadi saat meninjau dan melakukan pemeriksaan ke PO Wisata Gardoe Media Pro di Jakarta Timur tak jauh dari TMII.

Sama dengan di tempat sebelumnya, pemeriksaan dilakukan dengan melihat fisik kendaraan yang siap dioperasikan, juga kelengkapan administrasi serta perizinannya.

“Kendaraannya baik dan administrasinya sesuai aturan,” ujar Yani memberi kesimpulan.

Dia mengingatkan agar PO Bus tak hanya sekadar mengedepankan estetika armadanya dengan tampilan menarik, warna cerah, dan hal fisik yang ditonjolkan.

Namun juga agar mengedepankan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk perjalanan yang menyenangkan. (omy)

loading...