Angkasa Pura 2

Kemenhub Buka Kesempatan Swasta Kelola Pelabuhan, Tahun Ini 3 Lokasi Siap KPBU

DermagaSelasa, 21 Januari 2020
IMG-20200121-WA0020

IMG_20200121_172211

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut membuka kesempatan swasta untuk turut mengelola Pelabuhan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan, pihaknya terus mendorong kesempatan untuk berusaha serta membuka peluang bagi swasta untuk mengelola pelabuhan guna meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

“Tahun ini rencananya ada tiga pelabuhan yang akan dikerjasamakan melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yakni Pelabuhan Baubau, Anggrek, dan Patimban,” jelas Arif Toha di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Kata dia, disamping pengelolaan pelabuhan, networking (jaringan) juga sangat penting, baik jaringan darat maupun sisi lautnya. Inilah yang dicari oleh para pemilik kapal yang berharap ketika kapal masuk sudah ada konektivitas jaringannya.

“Kepastian konektivitas jaringan menjadi sangat penting untuk menarik kapal datang ke pelabuhan. Begitu pun dengan akses darat harus kita dorong salah satunya dengan mendekatkan area industri dengan pelabuhan,” kata Arif.

Dia menegaskan bahwa Ditjen Perhubungan Laut siap mendukung dan berkolaborasi dengan semua pihak untuk terus mengembangkan pelabuhan di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama berkolaborasi untuk mewujudkan pelabuhan di Indonesia yang lebih efisien, lebih cepat, transparan dan kompetitif,” imbuhnya.

Untuk pelaksanaan lelang KPBU, akan dilaksanakan pada bulan depan. Saat ini sedang disiapkan teknis terkait sebelum dimulai lelang yang diharapkan satu bulan rampung. (omy)

loading...