Angkasa Pura 2

Puslitbang Udara Kemenhub Gelar Bimtek

Bandara LitbangSelasa, 21 Januari 2020
pesawat

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi jajarannya.

Menurut Kepala Puslitbang Udara Capt.Novyanto Widadi, salah satu visi Litbanghub adalah memberikan masukan
kepada para pengambil keputusan dalam bentuk pertimbangan ilmiah yang tepat waktu dan aplikatif, dan melakukan penelitian serta pengembangan dalam rangka penetapan kebijakan transportasi

“Untuk menghasilkan kebijakan yang optimum diperlukan tools/pisau analisis yang komprehensif dalam bentuk
studi teknokratik yang dapat di pertanggungjawabkan secara ilmiah,” jelas Novy di Jakarta, Rabu (21/1/2020).

Ada tiga tahap bimtek yang dilaksanakan dalam tiga hari itu. Pertama yaitu introduction, intermediate, dan advance. Pada tahap advance diharapkan para peneliti mampu menggunakan metodologi system dynamics dengan fenomena kompleks secara mandiri,” tuturnya.

Bimtek tersebut dibimbing oleh Muhammad Tasrif, Principal Sysdyn System Dynamic Bandung Bootcamp (SDBB),
wahana litbang keilmuan system dynamics (sysdyn) di Indonesia.

“Terungkap hal yang menjadi persoalan. Penerbangan perintis, misalnya. Ini kan salah satu strategi untuk mengurangi keterpencilan daerah yang tak terjamah. Harapannya yang terpecil itu jadi terhubung dan tak terpencil lagi. Namun kenyataannya terbalik. Daerah itu sudah terhubung, tapi penerbangan perintis jalan terus,” Tasrif mencontohkan.

Menurutnya, fenomena seperti itu ada perilaku yang disebut dynamic complexity. Para peneliti harus mengubah cara berpikirnya. Perlahan tapi pasti harus ditanamkan agar terbiasa. (omy)

loading...