Angkasa Pura 2

Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta, Angkasa Pura II Gelontorkan Rp14 Triliun

BandaraJumat, 24 Januari 2020
IMG-20200124-WA0013

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Bangun Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II siap gelontorkan Rp12- Rp14 triliun.

Menurut Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, saat ini pemenang pembuatan desain telah ditentukam dari hasil lelang.

“Pemenangnya adalah perusahaan konsorsium PT Karya Bersama Nusantara, yang merupakan gabungan PT Bina Karya BUMN, perusahaan Korea, dan perusahaan pendukung lainnya,” ujar Awaluddin di Tangerang, Jumat (24/1/2020).

Dia berharap, desain dapat diselesaikan maksimal akhir tahun 2020 sehingga pada awal tahun 2021 sudah bisa dimulai pembangunannya.

Dalam perencanaan pembangunan terminal 4 di atas lahan 102 hektar, pihaknya menerapkan tiga tahapan yang akan dilalui untuk hasil yang sempurna.

Pertama adalah konseptual disain dimana akan memenuhi kebutuhan custom, Bea Cukai, operator, maskapai, grounhandling, dan lainnya yang terkait.

Selanjutnya adalah gedung basic desain dan terakhir detail enginering desain yang membahas teknis, kondisi material, hingg alokasi anggaran biaya.

“Semua tahapan akan diuji untuk meyakinkan saat akan dimulai membangun terminal 4,” tuturnya.

Selain itu, pada pembangunan terminal yang akan mampu menampung 40-45 juta penumpang itu juga akan diberikan sentuhan ciamik nan elegan.

Art, cultur konten lokal dan tourism desain menjadi arahan dalam penerapan di bangunan terminal megah tersebut.

“Ini akan didesain dengan baik bukan sekadar pemanis (sweetener) belaka,” kata dia.

Bila semua desain sudah siap, ditambahkan Awaluddin, maka pihaknya akan segera menetapkan pencairan anggarannya.

“Presiden juga mendorong pembangunan terminal 4 segera dilaksanakan untuk meningkatkan layanan bagi pengguna jasa,” pungkasnya. (omy)