Angkasa Pura 2

Dubes China: Tidak Ada Perselisihan Teritorial, Natuna Milik Indonesia

Hankam Kelautan & PerikananJumat, 24 Januari 2020
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian. (ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Xiao Qian menyampaikan bahwa tidak ada perselisihan terkait teritorial antara negaranya dengan Indonesia. Xiao mengatakan, Natuna adalah milik Indonesia.

“China tidak pernah mempermasalahkan itu,” ujar Xiao Qian seusai pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Xiao mengatakan, China juga memiliki teritorial sendiri dan Indonesia tidak pernah mempermasalahkannya.

“Perselisihan sebenarnya adalah karena ada overlapping area perairan. Dan ini berbeda dari perselisihan teritorial. Dalam isu ini, kita punya pandangan sendiri, Indonesia juga punya pandangan sendiri. Kita punya pandangan berbeda, dan ini tidak masalah,” katanya.

Dia mengatakan, di antara pertemanan, bahkan di antara persaudaraan, China dengan Indonesia punya pandangan berbeda terhadap suatu isu tertentu.

“Tapi antara Indonesia dengan China tetap dapat berteman baik, kita tetap dapat membicarakan ini secara baik-baik. Jika kita bisa selesaikan permasalahan, maka kita selesaikan. Jika kita tidak bisa menyelesaikan masalah hari ini, maka kita bisa perbaiki situasinya secara baik-baik,” ujar Xiao.

Dia mengatakan, China memilih jalur diplomasi untuk menyelesaikan persoalan itu dengan Indonesia. “Kita akan membicarakan persoalan ini di negara kita melalui dialog diplomatik, seperti yang kita lakukan sebelumnya. Pembicaraan di antara para dubes, menteri, kita akan membicarakan itu,” katanya.

Sehingga, dia meyakini bahwa persoalan itu tidak berimbas kepada hubungan Indonesia dengan China.

“Saya berharap kita tetap dapat bekerja bersama, bahkan semakin dekat, semakin kuat di antara China dan Indonesia,” pungkasnya. (ds/sumber sindo/okezone)

loading...