Angkasa Pura 2

Wow, Bojonegoro Punya Taman Lokomotif Pertama di Indonesia

Destinasi EmplasemenJumat, 24 Januari 2020
bojonegor

Bojonegoro (Beritatrans.com) – Arena rekreasi dan edukasi bernama Taman Lokomotif sudah bisa dinikmati masyarakat Bojonegoro. Taman Lokomotif pertama di Indonesia itu dibuka mulai hari ini.

Taman Lokomotif itu berada di Jalan Teuku, Bojonegoro. Banyak yang bisa dijumpai dan dinikmati di taman tersebut. Seperti arena jogging, taman bunga dan Lokomotif Diesel Hidraulik Seri D 30133 buatan Fried Krupp Jerman, yang pernah berjaya pada 1962-1987.

Kemudian ada berbagai alat kebugaran dan tower yang dulu digunakan lokomotif untuk isi bahan bakar dan air. Tower itu kini tampak indah dan bisa digunakan untuk swafoto.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah meluncurkan Taman Lokomotif yang berada di lahan bekas komplek perumahan PT KAI. Ia didampingi para pejabat Forpimda seperti Kapolres M Budi Hendrawan, Dandim 0813, serta perwakilan dari PT KAI.

Bupati Anna menegaskan, taman itu merupakan bukti nyata keseriusan Pemkab dalam memperluas dan mengembangkan ruang terbuka hijau. Pemkab menyulap lahan milik PT KAI Daop VIII Surabaya menjadi Taman Lokomotif yang memukau.

“Hal ini bisa terwujud atas upaya kerja sama MoU antara PT KAI dengan Pemkab Bojonegoro,” ucap Anna, Jumat (24/1/2020).

Ia juga berpesan kepada segenap camat dan lurah terkait lahan luas kosong yang mangkrak dan tidak difungsikan secara baik. “Kami Pemkab Bojonegoro siap bekerja sama untuk membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH)agar Bojonegoro makin kelihatan green”, tuturnya.

Kepala PT KAI Daop VIII Surabaya Suryawan menuturkan, kereta api memiliki sejarah panjang di Indonesia. Dari zaman kolonial hingga sekarang tetap survive dekat dengan rakyat. Mulai kalangan menengah ke bawah hingga menengah atas.

Terjalinnya kerja sama antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI merupakan spirit baru, dalam mengembangkan moda transportasi kereta api dan ruang terbuka hijau dengan konsep yang matang. “Ini merupakan wujud yang luar biasa persembahan Pemkab Bojonegoro dan baru pertama kalinya di Indonesia,” kata Suryawan.

Salah seorang warga yang telah menikmati Taman Lokomotif merasa senang bisa berswafoto. Namun ia menyayangkan kurangnya prasarana penunjang. Salah satunya tempat parkir kendaraan.

“Bagus ya tamannya, ada banyak tumbuhan bunga, bisa olah raga. Kalau yang kurang itu tempat parkir. Kalau di pinggir jalan bisa buat macet kalau taman ini ramai pengunjung nantinya,” ujar warga tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, belum ada tempat parkir di sekitar Taman Lokomotif. Masyarakat memanfaatkan bahu jalan untuk parkir kendaraan. (ny/Sumber : detik.com)

loading...