Angkasa Pura 2

Gede Pasek: Platform Digital akan Digeber di Itjen

itjen SDMRabu, 29 Januari 2020
gede-pasek-kemenhub

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) DR Gede Pasek Suardika, MSc, mengemukakan dukungan sistem informasi teknologi akan digenjot dalam mengelola dan menuntaskan pekerjaan di Itjen.

“Dukungan sistem IT dengan berplalform digitalisasi harus semakin kuat diterapkan di Itjen. Digitalisasi ini akan memudahkan dan mempercepat penuntasan pekerjaan,” tuturnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Rabu (29/1/2020).

Dia mengemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Itjen dapat bekerja lebih cepat lagi sekaligus dapat lebih kuat dalam menegakkan governance di Kemenhub. “Permintaan Pak Menteri itu antara lain kami terjemahkan bahwa kami lebih optimal dalam menerima laporan, mengelola laporan, mengasistensi, mereviu dan melaporkannya kepada Pak Menteri,” ungkapnya.

0292020173659

0292020173629

Optimalisasi itu, dia menegaskan dapat dicapai dengan penguatan lalu lintas data berbasis digital. “Segala data dan laporan dapat real time. Bahkan kita juga dapat tahu kondisi lapangan real time. Karenanya dapat cepat dieksekusi penyelesaiannya,” ujar mantan Staf Ahli Menhub dan Kepala Biro Perencanaan Kemenhub tersebut.

Mantan Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum DAMRI itu menuturkan banyak belajar dan menyerap informasi dari mantan Plt. Irjen Sugihardjo, mantan Irjen Wahju Satrio Utomo dan Cris Kuntadi. “Beliau-beliau itu ahlinya. Saya harus belajar banyak dari Pak Jojo, Pak Tommy dan Pak Cris,” cetusnya.

Dia juga menuturkan akan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan instansi lain, termasuk BPK, Polri dan Kejaksaan Agung. “Kerja sama antaralembaga penting sekali untuk semakin memudahkan tugas-tugas kami,” tegasnya. (awe).