Angkasa Pura 2

Pakai Masker Gas dan Bikin Panik, Penumpang Pesawat American Airlines Diturunkan

KokpitRabu, 5 Februari 2020
IMG-20200204-WA0009

Bekasi (BeritaTrans.com) – Seorang pria penumpang pesawat American Airlines 2122 membuat kehebohan di dalam pesawat. Hal itu lantaran pria tersebut memakai masker gas di dalam pesawat penerbangan dari Dallas, Texas, menuju Houston, pada Kamis (30/1).

Akibatnya, penerbangan tersebut ditunda selama satu jam karena pria yang tidak disebutkan namanya itu menolak untuk melepaskan masker yang membuat tampilannya hampir mirip dengan maling sehingga kondisi tersebut membuat para penumpang semakin panik.

pcathauf5xo32ovwz3hg
Pesawat Boeing 737 yang diterbangkan oleh American Airlines. Foto: AFP/ Caballero Reynolds

Dilansir Fox News, Joseph Say, yang mengunggah keadaan pesawat tersebut mengatakan bahwa beberapa penumpang khawatir kalau pria tersebut telah menyembunyikan sesuatu ke dalam pesawat dan memakai masker tersebut untuk menyelamatkan dirinya sendiri.

“Apa yang kami dengar dari wanita yang duduk di sebelahnya adalah dia berkata, dia ingin membuat pernyataan (di atas pesawat). Saya tidak tahu apa pernyataan itu dan saya mengatakan kepada KTRK. Saya tidak yakin apa tujuan pria tersebut,” kata Say seperti yang dikutip pada Fox News.

Joseph Say juga menduga tindakan yang dilakukan penumpang dengan masker gas itu, sebagai bentuk tindakan mencegah penyebaran virus corona. Maka dari itu, pria tersebut memakai masker gas sebagai jenis perlindungan.

“Reaksi saya adalah bahwa dia mungkin khawatir tentang virus corona dan telah memakai masker gas sebagai jenis perlindungan yang berlebihan,” ujar Say.

Selain tidak mematuhi perintah kru penerbangan untuk mencopot masker gas tersebut, pria itu tidak mengakui kesalahannya yang telah membuat ketakutan pada penumpang lain. Pejabat maskapai penerbangan American Airlines akhirnya menurunkan pria itu dan memindahkan ke jadwal penerbangan berikutnya.

Juru bicara American Airlines mengonfirmasi adanya kejadian tersebut di maskapai penerbangannya. Pihak maskapai tersebut mengatakan bahwa penumpang kemudian dipindahkan ke penerbangan berikutnya menuju Houston pada Kamis Malam dengan syarat terbang tanpa mengenakan masker.

Anehnya, penumpang tersebut justru tak memakai masker gas di penerbangan sebelumnya, yaitu dari Los Angeles ke Dallas. Pihak maskapai American Airlines mengatakan bahwa apa yang dilakukan pria tersebut merupakan ‘PR stunt’ atau aksi publisitas, aksi yang telah direncanakan untuk menarik perhatian publik. (Lia/sumber:kumparan)