Angkasa Pura 2

Moeldoko: Dampak Virus Corona, Maskapai Domestik Beri Diskon Tiket Pesawat ke Bali

Destinasi KokpitKamis, 6 Februari 2020
Penerbangan domestik. (ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Maskapai penerbangan domestik akan memberikan diskon untuk penerbangan domestik ke tiga wilayah wisata Indonesia yang terdampak wabah virus corona di China. Keputusan tersebut diambil untuk mengompensasi hilangnya devisa dari wisatawan asal negeri Tirai Bambu yang dalam dua bulan terakhir tidak melancong ke sejumlah destinasi wisata yang tersebar di Indonesia.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam konferensi pers di Kantor KSP mengemukakan, diskon harga tiket pesawat tersebut akan diberikan untuk tujuan Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan, Kepulauan Riau.

“Ini tiket dalam negeri,” kata Moeldoko, Kamis (6/2/2020). Keputusan tersebut diambil setelah melihat ada penurunan kunjungan wisatawan mancanegara ke tiga daerah tersebut, terutama turis yang berasal dari China.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengaku telah memberikan surat imbauan kepada seluruh maskapai untuk mengimplementasikan rencana ini. Meski demikian, berapa diskon yang diberikan tetap tergantung keputusan maskapai.

“Ini sudah dibicarakan dengan maskapai. Ini kebijakan masing-masing. Kami berikan instruksi. Nanti maskapai yang akan melakukan sendiri-sendiri agar dunia pariwisata tetap bergerak,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, total kerugian devisa yang dialami Indonesia dari sektor pariwisata, terutama dari China mencapai US$ 2,8 miliar. Penghitungan itu dengan asumsi satu turis bisa menggelontorkan sekitar US$ 1.400.

“Itu dampak langsung dari Tiongkok. Kalau terjadi tren negatif dari negara lain, itu pasti punya dampak lain. Tapi average US$ 4 miliar, termasuk di luar China,” kata Wishnutama. (ds/sumber CNBC)