Angkasa Pura 2

Di Tengah Kesulitan, INFA Bersyukur Tetap Bisa Bayar Gaji Pegawai Tepat Waktu

DermagaJumat, 7 Februari 2020
IMG_20200204_162437

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Indonesian National Ferryowner Asosiation (INFA) bersyukur di tengah kesulitan yang mendera, para perusahaan anggota tetap bisa membayar gaji pegawainya tepat waktu.

“Sebetulnya kondisi usaha bidang angkutan penyeberangan saat ini memang belum baik. Pada lintasan komersial yang padat, seperti pada lintasan Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, persaingan usaha menjadi begitu ketat, namun alhamdulillah tidak ada perusahaan yang sampai tidak sanggup membayar gaji pegawainya,” tegas Ketua INFA Eddy Oetomo di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Jumlah muatan diakuinya tidak selalu penuh, kecuali pada hari-hari besar tertentu saja. Sementara tarif angkutan penyeberangan sudah cukup lama tidak naik.

Meskipun tidak sampai menyebabkan perusahaan angkutan penyeberangan merugi, tetapi kondisinya kurang sehat. Perlu mendapat perhatian dari pemerintah dan pembenahan dalam diri masing-masing perusahaan.

“Salah satu upaya lainnya yang dapat memberi perbaikan adalah memperbaiki tarif angkutan penyeberangan, namun kami tetap mengikuti arahan pemerintah,” ujarnya.

Pada lintasan komesial yang padat seperti di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diharapkan kenaikan rata-ratanya antara 10 persen sampai dengan 15 persen. Sedangkan pada lintasan lainnya paling tinggi 28 persen.

Saat ini jumlah kapal yang tergabung dalam Asosiasi INFA ada 74 unit Ferry (belum termasuk kapal milik PT. ASDP Indonesia Ferry yang berjumlah 155 kapal Ferry) dengan tujuh perusahaan kapal berbahan baku baja. (omy)