Angkasa Pura 2

Ini Dia 0001, Driver Ojol yang Pertama dari GO-JEK

KoridorKamis, 13 Februari 2020
images

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keberadaan ojek online, Gojek, membawa perubahan besar dalam penyediaan jasa transportasi. Sejak kemunculannya beberapa tahun silam, kini jasa transportasi online terus berkembang pesat. Tapi siapakah sosok driver yang pertama bergabung.

Inilah pria yang akrab disapa sebagai Pak Kumis ini ternyata merupakan mitra atau driver pertama ojek online dari Gojek. Dialah Mulyono yang mendapatkan kode khusus dari Gojek yakni ‘driver 0001’. Seperti apa kisahnya?

Sebelumnya menjadi driver Gojek, Mulyono merupakan tukang ojek yang biasa menunggu di pangkalan. Hingga pada 20 Agustus 2010, ia pun mencoba peruntungan sebagai mitra driver yang bernaung di bawah Gojek. “Berawal (masuk) GOJEK di Jalan Kerinci (dekat Pasar Mayestik), saya masuk Agustus 2010, (perusahaan) berawal dari garasi mobil. Kantornya masih berukuran 5×7 meter,” cerita Mulyono yang dikutip dari gridoto.com.

Mulyono dalam sebuah acara Setelah resmi menjadi driver gojek, Mulyono tak langsung menggunakan aplikasi. Untuk memperoleh order, ia akan ditelfon terlebih dahulu oleh Call Center Gojek dan ditawarkan apakah dirinya bisa atau tidak. Komunikasinya pun saat itu masih menggunakan pesan teks SMS. Sebagai driver pertama, Mulyono mendapat kehormatan dari pihak Gojek dengan menyematkan kode “0001” pada dirinya.

Jalani suka duka bersama Gojek Sebagai driver pertama Gojek, ada banyak hal yang dialami oleh Mulyono. Suka dukanya menjalani profesi tersebut menjadi hal yang tak terlupakan oleh dirinya. Sukanya, Mulyono mengaku ia mendapat penghasilan yang lumayan dari profesinya tersebut. Selain itu, ia juga mendapat banyak pengalaman baru selama menjadi mitra driver. Dukanya, pria asal Sragen itu bahkan harus bertaruh nyawa karena bentrok dengan pangkalan ojek pangkalan.

Sosok yang secara tidak langsung ikut membesarkan nama Gojek Mulyono yang terhitung merupakan driver angkatan pertama, secara tidak langsung merupakan sosok yang ikut membesarkan Gojek. Diawali dari 20 driver-termasuk Mulyono, di tahun 2010, kini perusahaan transportasi besutan Nadiem Makarim itu memiliki hampir dua juta mitra driver. Bahkan meski ia ditawari oleh kompetitor lainnya, ia tetap setia dengan Gojek karena merasa telah ikut membesarkan nama perusahaan.

Tentu ada rasa bangga sekaligus haru yang dirasakan oleh Mulyono di atas. Sebagai seorang driver, pria asal Sragen, Jawa Tengah itu secara tak langsung juga ikut membesarkan nama Gojek.(ahmad/gridoto.com/foto:ist)