Angkasa Pura 2

Itjen Kemenhub Jabarkan Tugas dan Fungsi di Hadapan Pegawai Poltek Pelayaran Sorong

itjen SDMJumat, 14 Februari 2020
FB_IMG_1581639385976

SORONG (BeritaTrans.com) – Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. PM. 122 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan, Inspektorat Jendera (Itjen) mempunyai tugas dan fungsi yang harus dijalankan.

Di hadapan pegawai Politeknik Pelayaran Sorong, Sekretaris Itjen Imran Rasyid bersama Auditor Utama Wahyu Satrio Utomo (Tommy) jabarkan tugas dan fungsimya.

“Pertama adalah penyusunan kebijakan teknis pengawasan intern di lingkungan Kemenhub,” kata Imran di Soromg, Kamis (13/2/2020).

Kedua, pelaksanaan pengawasan intern di lingkungan kemenhub terhadap kinerja audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan pengawasan lainnya.

Selanjutnya pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Menteri Perhubungan.

“Selain itu.penyusunan laporan hasil pengawasan di lingkungan Lemenhub., pelaksanaan administrasi Itjen, dan terakhir pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menhub,” ungkapnya.

Sedangkan objek Pengawasan Itjen Tahun Anggaran 2020 diantaranya kantor Pusat sebanyak 55, Init Pelaksana Teknis (UPT) 525, 2.448 Kegiatan Strategis, dan pegawai 31.047.

Peran Itjen yakni selaku mandatory pengawasan intern, pengawasan intern berbasis prioritas, pengawasan yang bersifat tematik, strategis dan direktif serta kegiatan pengawasan dalam rangka peningkatan tata kelola.

“Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sebagai watchdog, catalyst, assurance dan consultant,” tutur dia.

Imran menyebutkan, Itjen juga melaksanakan pemantauan pengendalian intern sesuai ketentuan pasal 4 huruf e Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 25 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan di Lingkungan Kemenhub.

Untuknya perlu dibentuk Unit Kepatuhan Internal (UKI) di seluruh Unit Kerja di Lingkungan Kemenhub dan dibuatlah Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor. 42 Tahun 2019 tentang Unit Kepatuhan Internal di Lingkungan Kemenhub.

“Adapun tugas dan tanggung jawab UKI di lingkungan kemenhub antara lain adalah melaksanakan pemantauan kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin pegawai,” ujar dia.

Melaksanakan pemantauan pemeliharaan aset, menyampaikan laporan triwulan kepada Itjen, Sekretaris Jenderal, dan Direktur Jenderal/Kepala Badan.

“Terakhir, bekerjasama dengan Itjen dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi efektifitas pelaksanaan kepatuhan internal di lingkungan unit kerjanya,” pungkas Imran. (omy)