Angkasa Pura 2

Perintasan Sebidang KA di Jalan Perjuangan Bekasi akan Ditutup Total, Begini Kondisinya

EmplasemenSabtu, 15 Februari 2020
11520207644

BEKASI (BeritaTrans.com) – Jalur double-double track (DDT) KA segera dioperasikan. Perlintasan sebidang dengan jalur kereta di Jalan Perjuangan dan Jalan Agus Salim, Kota Bekas, akan ditutup total.

Tarena tidak memungkinkannya untuk pembangunan flyover atau undepass di situ karena areanya terlalu sempit.

BeritaTrans.com dan Aksi.id melihat Terlihat Jalan Perjuangan yang posisinya terletak di samping Stasiun Bekasi, Jawa Barat, dan memang jalurnya terlalu pendek. Jalan ini merupakan akses jalan utama menuju Kecamatan Bekasi Utara.

Keadaan lalu lintas kendaraan pada jalan tersebut selalu ramai terutama dari arah Jalan H.Juanda. lLalu lintas begitu padat. Tak hanya kendaraan pribadi, tetapi juga angkot, bus dan truk.

11520207731

Ketika pintu perlintasan ditutup, terjadi kemacetan panjang di sekitarnya. Dan saat pintu perlintasan dibuka, sering terjadi kesemrawutan, terutama karena angkot Koasi menyerobor jalan.

Salah seorang warga mendukung penutupan perlintasan sebidang tersebut.

“Tidak mungkin dibuat underpass atau flyover, karena jalan yang sebalah sini(Jln.Ir H Juanda) terlalu pendek,” kata warga yang berjaga di perlintasan tersebut, Jumat (14/2/2020).

Begitupun yang terjadi pada perlintasan sebidang dengan palang pintu di Jalan Agus Salim, jalur yang terlalu sempit untuk dilalui juga merupakan salah satu penyebabnya.

Sebelumnya pihak Ditjen Perkeretaappian akan menutup keenam perlintasan sebidang di Kota Bekasi, di antaranya kolong flyover Kranji, Jalan Perjuangan, Jalan Agus Salim, Jalan Mohamad Yamin, Jalan Ampera dan Jalan Pahlawan Bulak Kapal akan ditutup.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kota Bekasi, berencana pembangunan terowongan bawah tanah pada tiga lokasi di antarnya, di Kranji (menghubungkan Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan Pangeran Jayakarta), di Jalan Baru samping Underpass Bekasi Timur dan Jalan Pahlawan Bulak Kapal.

Untuk diketahui, DDT segmen Jatinegara-Cakung dioperasikan pada April 2019 lalu. Adapun sisanya dari Cakung sampai dengan Cikarang ditargetkan rampung pada 2021 mendatang. Sehingga semua perlintasan sebidang harus ditutup. (fahmi).