Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Kenalkan Alat Keselamatan Kapal Kepada Anak PAUD di Tarakan

Dermaga SDMSenin, 17 Februari 2020
IMG-20200217-WA0025

TARAKAN (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut terus berperan aktif dalam mengkampanyekan keselamatan transportasi, khususnya transportasi laut. Kali ini, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Tarakan berkesempatan memberikan pengetahuan tentang pentingnya keselamatan dan keamanan transportasi laut kepada anak-anak PAUD Sijempol di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

IMG-20200217-WA0023

IMG-20200217-WA0024

Terinisiasi dari kegiatan pawai pembangunan di kota Tarakan Tahun 2019 yang lalu dimana Kantor KSOP Kelas III Tarakan menampilakan kapal patroli Negara KN.P.212 Pasatimpo, para guru PAUD Sijempol tergerak hati ingin mengetahui lebih dalam tentang keselamatan transportasi laut serta kantor KSOP sebagai pemegang fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran. Demikian disampaikan kepala Kepala Kantor Ksop Kelas III Tarakan Agus Sularto melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas III Tarakan Syaharuddin di Tarakan, Minggu kemarin.

Syaharuddin mengatakan kunjungan ini merupakan kesempatan yang sangat baik karena dengan memberikan pengetahuan bagi anak-anak sejak dini dapat membentuk karakter mereka agar sadar akan keselamatan dan keamanan transportasi.

“Pada kesempatan ini, kami langsung mengenalkan Kapal Patroli KPLP yang dimiliki Kantor KSOP kelas III Tarakan yaitu KN. P 474 dan KN.P 5203, mereka kami ajak masuk kedalam kapal, melihat dan mengenal alat navigasi,” ujar Syaharuddin.

Ia mengungkapkan bahwa dalam peninjauan ke kapal, anak-anak tersebut selalu dalam pengawasan petugas. “Alhamdulillah semua berjalan lancar dan aman, mereka juga sangat senang sekali,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan dalam kunjungan ini para adik-adik PAUD diberikan pemahaman tentang apa saja alat keselamatan yang wajib ada disetiap kapal yang akan berlayar. “Setiap kapal wajib memiliki pelampung atau lebih dikenal life jacket dan alat keselamatan lainnya serta bagaimana cara menggunakannya apabila kapal dalam keadaan darurat,” ujar Syaharuddin.

Menurutnya, anak-anak tersebut sangat berantusias dalam mengenal peralatan keselamatan. “Kami senang dan sangat mengapresiasi dengan semangat keingintauanya, apa dan bagaimana cara menggunakannya,” katanya.

Terakhir, Syaharuddin berharap semoga edukasi sejak dini yang dilakukan dapat bermanfaat. “Kami juga berharap agar sekolah lain dapat berkunjung ke Kantor dan Kapal Patroli kami, kami sangat senang,” tutupnya. (omy/lia)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari