Angkasa Pura 2

Pesona Labuan Cermin, Danau Air Tawar dan Asin yang Terkenal Unik di Kaltim

DestinasiSenin, 17 Februari 2020
images (50)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Salah satu danau unik dan istimewa ini ada di Semenanjung Mangkalihat, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Namanya Labuan Cermin.

Danau ini memiliki keistimewaan pada airnya yang jernih hingga ke dasar danau. Keunikannya, air danau ini memiliki dua rasa, asin dan tawar. Sekitar tiga meter di permukaan rasanya tawar. Namun mulai kedalaman tiga meter ke bawah, air Labuan Cermin terasa asin.

“Pernah mengunjungi danau unik di Indonesia? Ada di mana dan keunikannya apa saja? Yuk, ceritakan di kolom komentar! Fenomena Labuan Cermin ini diperkirakan terjadi karena adanya celah yang menyebabkan air laut menerobos masuk saat pasang. Kehidupan biota di dalam danau pun ikut menyesuaikan diri dengan lingkungan. Selain danau yang begitu indah, di sekitarnya juga terdapat pepohonan rindang yang membuat suasana liburan jadi makin tenang dan damai,” tulis Instagram @pesonaid_travel, Senin (15/7/2019).

kopi7

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun, membuat suasana di sini begitu teduh. Anda dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling, dan menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, Anda akan melihat beberapa ikan berenang tidak jauh dari permukaan. Ada pula yang jauh di dasarnya.

Rasa dari air yang berbeda, menyebabkan ikan-ikan itu terpisah. Fenomena ini diperkirakan terjadi karena adanya celah yang menyebabkan air laut menerobos masuk saat pasang. Namun karena berat jenis air yang berbeda, air asin berada di bagian perairan bawah dan air tawar di atas. Meski terlihat dangkal, Anda harus tetap waspada, karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai sekitar empat hingga lima meter.

Jangan lupa persiapkan alat snorkeling sendiri. Bagi yang lupa, tak perlu khawatir, di dermaga tempat penyeberangan terdapat toko penyewaan alat snorkeling beserta pelampungnya. Bagi yang ingin sekadar bermain air dan bersantai ria di atas ban, tersedia pula penyewaan ban. Bahkan, perahu air memiliki kaca transparan di bawahnya.

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk. Tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar enam hingga tujuh jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Anda harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal sekitar Rp200.000 untuk perjalanan pulang-pergi. Untuk penginapan dapat didapatkan di sekitar Biduk-Biduk dengan harga penginapan yang beragam, mulai Rp100.000-Rp300.000 per malam. Anda juga bisa menginap di rumah warga di sekitar Biduk-Biduk. (lia/sumber:inews)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari