Angkasa Pura 2

Korsel Kirim Pesawat Evakuasi Warga dari Kapal Pesiar Diamond Princess

Dermaga KokpitSelasa, 18 Februari 2020
images (24)

Jakarta (BeritaTrans.com) – Pemerintah Korea Selatan berencana mengirim pesawat kepresidenan ketiga ke Jepang untuk mengevakuasi warganya yang masih terjebak di kapal pesiar Diamond Princess, yang masih dikarantina karena virus corona (Covid-19).

Wakil Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korsel, Kim Gang-lip mengatakan pesawat-pesawat itu akan membawa setiap warganya yang meminta bantuan untuk dievakuasi dari kapal tersebut.

Dilansir CNN, Selasa (18/2), Kim memaparkan Seoul telah berkonsultasi dengan Tokyo untuk mempersiapkan proses evakuasi dan hal-hal teknis lainnya.

Korsel menuturkan dari 14 orang dari sekitar 3.000 penumpang Diamond Princess merupakan warganya. Sembilan orang merupakan penumpang, sementara lima lainnya merupakan kru kapal pesiar tersebut.

Selain Korsel, Hong Kong juga berencana mengirim dua pesawat yang disewa untuk memulangkan sejumlah warganya yang masih berada di Diamond Princess.

Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan pemerintahannya masih terus merundingkan segala prosedur dan hal teknis lainnya untuk bisa memulangkan 352 warganya dari kapal yang saat ini masih berada di pelabuhan Yokohama, Jepang.

Lam menuturkan kedua pesawat itu masing-masing bisa membawa 148 penumpang.

Pesawat pertama kata Lam telah diterbangkan ke Jepang pada Senin kemarin, sementara itu pesawat kedua baru akan diterbangkan hari ini.
Korsel Kirim Pesawat Evakuasi Warga dari Kapal Pesiar(CNN Indonesia/Fajrian)
Lam mengatakan ratusan warga yang dievakuasi itu akan dikarantina selama 14 hari setibanya di Hong Kong.

Sejauh ini, Amerika Serikat telah lebih dulu mengevakuasi sekitar 300 warganya dari Diamond Princess. Sebanyak 14 orang dari 300 warga AS itu dinyatakan positif corona saat dalam perjalanan pesawat menuju Negeri Paman Sam. (lia/sumber:cnnindonesia)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari