Angkasa Pura 2

Pemprov Banten akan Bangun Asrama Haji Dekat Bandara Soekarno-Hatta

BandaraSelasa, 18 Februari 2020
images (19)

Tangerang (BeritaTrans.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana membangun asrama haji di atas lahan seluas 25 hektare yang terletak di Desa Kelor, Sepatan Timur, Tangerang. Pembangunan akan dimulai pada 2020 dengan anggaran Rp110 miliar.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan rencana pembangunan asrama haji di wilayah sekitar Bandara Soekarno-Hatta itu diharapkan lebih mendekatkan jarak calon jemaah haji Provinsi Banten ke bandara sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.

“Hanya 6 hingga 10 menit untuk ke Bandara Soekarno-Hatta. Sekaligus akan mengangkat perekonomian daerah setempat serta penyerapan tenaga kerja,” ujarnya, Senin, 17 Februari 2020.

Pembangunan asrama tersebut pun dirasa sangat penting, Wahidin menuturkan saat ini jumlah jemaah haji asal Banten lebih banyak dari jemaah haji asal Jakarta dan Lampung. Berdasarkan catatan pihaknya, lanjutnya, jemaah haji asal Banten yang berangkat tahun ini mencapai 9.420 orang.

“Tentu ini kebutuhan yang mendesak, supaya jemaah haji asal Banten tidak perlu lagi jauh-jauh ke asrama Pondok Gede. Terlebih, asrama yang akan dibangun ini dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, jadi tidak memakan banyak waktu dan jemaah haji bisa menggunakan waktu istirahat dengan cukup,” jelasnya.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, menjelaskan sejauh ini pihaknya telah mengurus soal perizinan bangunan yang kemudian akan diajukan ke pemerintah pusat agar pembangunan dapat dilakukan sesuai rencana.

“Sudah kita siapkan perizinannya, tinggal diajukan saja. Kalau sudah dapat izin dari pemerintah pusat, kita tinggal menjalani pembebasan lahan asrama yang dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Zaki. (lia/sumber:medcom.id)