Angkasa Pura 2

Pemberdayaan Masyarakat: STIP Gelar Diklat Gratis BST, AFF dan SAT kepada 96 Siswa di Pontianak

Dermaga SDMSenin, 24 Februari 2020
1242020222753

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) kembali menggelar diklat gratis dalam skema Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM).

Paling anyar, sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan tersebut menyelenggarakan diklat Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF) dan Survival Craft & Rescue Boats (SCRB), yang diikuti 96 siswa SMK di Pontianak, Kalimantan Barat.

Bertempat di Kantor Badan Diklat Pemda Kalimantan Barat, AL Laesadri,SH, selaku Sekda Prov. Kalimantan Barat dan didampingi Drs. Sugianto, MM, selaku wakil Ketua STIP, membuka secara resmi kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) STIP angkatan VI tahun 2020, Senin (24/2/2020).

1242020222831

Seperti diketahui Konvensi Internasional tentang Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut harus menjalani ‚Äúprogram pengenalan” dan “pelatihan dasar keselamatan” yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi, serta tanggung jawab sosial.

Keselamatan yang berlaku untuk semua kapal pada semua ukuran. Tidak ada batasan tonase untuk mengikuti pelatihan ini. Hal ini berlaku juga untuk semua anggota awak kapal dan tidak ada persyaratan pendidikan minimal.

Pelaut menyadari dan memahami akan bahaya bekerja di laut (kapal) dan dapat merespons dengan tepat dalam keadaan darurat. Karena itu, pelaut hatus memiliki komptensi dalam aspek BST, AFF dan SAT.

itu Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF) dan Survival Craft & Rescue Boats (SCRB).

Sekda Kalbar menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPSDM Perhubungan dan STIP Jakarta,yang telah hadir di propinsi kalbar, khususnya kota Pontianak, dalam rangka memberikan pendidikan dan Pelatihan bagi putra putri Pontianak terkait dengan keselamatan dan keamanan bekerja di sektor maritim.

“Untuk seluruh peserta saya berpesan ikuti kegiatan ini dengan penuh disiplin, ikuti semua peraturan yang di tetapkan,ini kesempatan emas buat adik-adik semua, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” tuturnya.

Sedangkan Ketua STIP dalam sambutanya yang dibacakan oleh Drs. Sugianto, MM, mengutarakan DPM merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan dan memacukan keberdayaan masyarakat, dengan cara memberikan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat.

Dia mengutarakan Pontianak memiliki potensi SDM yang andal, sehingga hasil dari diklat ini nantinya dapat menjadikan modal dalam dunia kerja.

(awe/sumber dan foto: Instagram @stip_jakarta).