Angkasa Pura 2

Tentang MoU dengan Balitbanghub, Awaluddin: Bangun Model Smart, Digital & Advance Technology di Bandara

Bandara LitbangRabu, 26 Februari 2020
IMG-20200226-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) –Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan kerja sama riset dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) berorientasi antara lain kepada pengembangan bandara sebagai entitas yang selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan global.

Sesuai menandatangani kesepakatan (memorandum of understanding/MoU) dengan Balitbanghub, Rabu (26/2/2020), Awaluddin mengemukakan sinergi penelitian itu akan mengeksplorasi banyak aspek transportasi udara.

“Termasuk di dalamnya model smart dan digital airport, serta airport yang selalu comply dengan advance technology,” tuturnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Dia memyebutkan Balitbanghub sebagai regulator memiliki tenaga-tenaga ahli mumpuni. Demikian halnya PT Angkasa Pura II memiliki SDM tangguh dalam teori dan implementasi kebandarudaraan.

Kapasitas dan kapabilitas itu, Awaluddin mengemukakan dapat dikembangkan dalam riset dengan melibatkan kalangan perguruan tinggi, media massa dan komunitas, sehingga terjadi kolaborasi pentahelix.

Output penelitian itu, dia menuturkan dapat mwnjadi rekomendasi bagi regulator dalam memperkaya proses regulasi. Sedangkan bagi operator mendapatkan banyak benefit dalam merencanakan pengembangan salam aspek operasional dan pelayanan. (awe).