Angkasa Pura 2

188 WNI Kru Kapal Pesiar World Dream Mulai Diobservasi di Pulau Sebaru Kecil

DermagaSabtu, 29 Februari 2020
28_abk_world_dream__2_

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 188 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar World Dream tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Jumat (28/2/2020) sekitar pukul 17.30 WIB. Juru bicara presiden bidang sosial, Angkie Yudistia mengatakan 188 WNI itu langsung menjalani observasi.

Sebelumnya 188 WNI kru kapal pesiar World Dream dievakuasi dari perjalanan ke Hong Kong terkait pencegahan virus korona. Mereka dievakuasi menggunakan KRI Soeharso milik TNI AL.

“Alhamdulillah saudara-saudara kita telah tiba di Indonesia. Sebanyak 188 WNI kru kapal pesiar World Dream langsung menjalani observasi,” kata Angkie melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

Angkie menjelaskan 188 WNI itu akan menjalani masa observasi selama kurang lebih 14 hari. Dia mengatakan observasi yang diterapkan tak jauh berbeda dengan observasi 238 WNI dari Wuhan di Natuna.

Menurutnya ada fasilitas serta prosedur penanganan yang ditingkatkan. Namun dia tak menjelaskan detail soal itu.

“Semua sesuai dengan standar yang ditetapkan badan kesehatan dunia atau WHO,” kata Angkie.

Dia menegaskan hingga saat ini 188 WNI kru kapal pesiar World Dream terus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di atas kapal menuju Pulau Sebaru Kecil. Semua WNI tersebut dinyatakan negatif virus korona. Namun proses observasi harus tetap dijalani untuk memastikan WNI tersebut dalam kondisi sehat saat kembali ke keluarga masing-masing dan tidak menimbulkan potensi penyebaran virus. (lia/sumber:inews, foto:antara)