Angkasa Pura 2

KJRI Istanbul Fasilitasi 222 Jemaah Umroh Pulang ke Indonesia

KokpitSabtu, 29 Februari 2020
IMG-20200229-WA0003

Jakarta (BeritaTrans.com) – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul telah mengambil langkah terhadap penundaan kedatangan jemaah umrah ke Arab Saudi.

Iman As’ari, Konsul Jenderal RI untuk Istanbul pada Sabtu mengatakan telah memberikan fasilitas kekonsuleran terutama bantuan koordinasi langsung kepada travel dan maskapai penerbangan agar WNI dapat segera kembali ke Indonesia.

Hingga 28 Februari 2020, kata Iman, ada 222 jemaah umrah WNI dari beberapa penyelenggara travel asal Indonesia yang dapat kembali ke Indonesia dengan rute Istanbul-Jakarta ataupun rute Istanbul-Denpasar baik menggunakan Turkish Airlines atau maskapai lainnya.

“Semua WNI yang ditemui KJRI di bandara terpantau dalam kondisi sehat dan aman,” kata Iman kepada Anadolu Agency.

Iman menginstruksikan seluruh jajarannya di Istanbul KJRI untuk berperan aktif membantu WNI di Istanbul, terutama jemaah yang terdampak kebijakan pemerintah Saudi.

Selain itu, Iman mendesak calon jamaah haji untuk tetap tenang dan dapat menghubungi hotline KJRI Istanbul di +90534 4535611 saat mengalami kesulitan dalam berkoordinasi dengan agen perjalanan dan penerbangan.

Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara kunjungan warga non-Saudi untuk tujuan umrah dan lainnya untuk mencegah penyebaran virus korona, Kamis.

“Telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan Umrah dan kunjungan lainnya serta penghentian penerbitan visa untuk sementara,” tulis edaran tersebut. (lia/sumber:anadolu, foto:KJRI Istanbul)