Angkasa Pura 2

Turki Serang Fasilitas Senjata Kimia Suriah

KokpitSabtu, 29 Februari 2020
tentara_turki

ANKARA (BeritaTrans.com) – Turki melancarkan serangan terhadap fasilitas senjata kimia Suriah di dekat Aleppo setelah 33 tentaranya tewas akibat gempuran pasukan rezim Bashar Al Assad di Provinsi Idlib, Kamis (27/2/2020).

Seorang pejabat senior Pemerintah Turki mengatakan, selain fasilitas senjata kimia ada beberapa terget lainnya yang hancur dalam serangan yang berlangsung pada Sabtu (29/2/2020) dini hari itu.

“Fasilitas kimia, terletak sekitar 13 kilometer sebelah selatan Aleppo, bersama sejumlah besar target rezim lainnya, dihancurkan,” kata sumber tersebut, dikutip dari AFP.

Namun, Lembaga Pemantau Suriah untuk HAM yang berbasis di London, Inggris, menyatakan serangan Turki mengenai pangkalan militer Suriah di Aleppo timur. Disebutkan bahwa di pangkalan tersebut tak terdapat fasilitas senjata kimia.

Sebanyak 33 tentara Turki tewas dalam serangan udara pasukan rezim Bashar Al Assad yang didukung Rusia. Jumlah korban itu merupakan pukulan telak bagi Turki dalam perang di Suriah sebak beberapa tahun terakhir.

Insiden ini meningkatkan ketegangan antara Turki dan Rusia. Terlebih, 12 pos pemantauan Turki di Idlib yang didirikan sebagai buah dari kesepakatan dengan Rusia pada 2018, ikut diserang pasukan Suriah.

Pada Jumat, Presiden Recep Tayyip Erdogan berbicara melalui telepon dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, dalam upaya untuk mengurangi ketegangan.

Erdogan akan ke Moskow pekan depan untuk membicarakan solusi ketegangan terbaru ini. (lia/sumber:inews)