Angkasa Pura 2

Raja Salman Muncul Setelah 2 Hari Kabar Kudeta & Penangkapan 3 Pangeran

FigurSenin, 9 Maret 2020
4000

RIYADH (BeritaTrans.com) – Dua hari setelah kabar kudeta dan penangkapan tiga pangeran, muncul foto Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud tengah menjalankan tugas kerajaan, Minggu (8/3/2020).

Beberapa sumber di pemerintahan mengatakan kepada AFP, Kerajaan menahan tiga pangeran, termasuk saudara laki-laki Raja Salman dan keponakannya, pada Jumat lalu.

Insiden ini menyuguhkan jalan terjal bagi Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) untuk meneruskan estafet kepemimpinan Raja Salman.

Penahanan itu juga menimbulkan spekulasi tentang kondisi kesehatan raja berusia 84 tahun itu serta apakah suksesi sudah dekat.

Di tengah beredarnya berbagai spekulasi tersebut, Badan Pers Istana Kerajaan Arab Saudi mengunggah foto-foto Raja Salman saat memimpin upacara pelantikan duta besar Saudi yang baru untuk Ukraina dan Uruguay.

Seorang sumber memastikan Raja Salman dalam kondisi sehat.

2920204363020181209_2_33838882_39743538

“Raja sehat dan baik-baik saja,” kata sumber, seraya menegaskan penahanan terhadap tiga pangeran dimaksudkan untuk menegakkan disiplin di internal keluarga kerajaan.

Dia menambahkan, putra mahkota merupakan pemegang kendali dan penangkapan terpaksa dilakukan setelah memuncaknya akumulasi perilaku negatif dua pangeran.

Sumber lain mengatakan, dua orang yang ditahan tersebut adalah Pangeran Ahmed bin Abdulaziz Al Saud yang merupakan saudara Raja Salman, serta keponakan raja Pangeran Mohammed bin Nayef.

Mereka dituduh merencanakan kudeta yang bertujuan menggagalkan naiknya MBS selaku pewaris takhta kerajaan Saudi.

Adik lelaki Pangeran Nayef, Nawaf bin Nayef, juga ditahan.

MBS dipandang sebagai penguasa de facto Saudi dengan mewakili negara dalam beberapa kesempatan. Dia juga mengendalikan kebijakan utama pemerintahan, dari pertahanan hingga ekonomi.