Angkasa Pura 2

Heboh! 2 Pesawat Saudi Airlines Terbang Tanpa Penumpang dari Bandara Soetta

Bandara KokpitMinggu, 15 Maret 2020
215202016046

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Dua pesawat Saudi Airlines dikabarkan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tanpa membawa penumpang. Padahal ratusan penumpang pesawat itu sudah menunggu di Terminal 3 kebarangkatan.

Informasi, yang didapat BeritaTrans.com dan Aksi.id dari media sosial, Twitter dan Whatsapp (WA), memperlihatkan dua pesawat Saudi Airlines (SV) tiba dengan mengangkut penumpang dari Arab Suadi ke Bandara Soetta. Ratusan calon penumpang juga telah tiba di bandara.

Setelah tiba, pesawat dengan nomor penerbangan SV 825 dan SV 819 itu diparkir di apron Terminal 3.

Namun pihak maskapai mengumumkan membatalkan penerbangan dengan mengangkut penumpang ke Arab Saudi karena ada pelarangan penerbangan internasional di Arab Saudi mulai Minggu, 15 Maret 2020.

Karuan saja, pengumuman itu bikin resah dan kecewa penumpang. Untuk meredam kekecewaan penumpang, pihak Kedubes Arab Saudi datang dan memberikan penjelasan.

215202016134

Informasi menyebutkan pihak maskapai telah mengirimkan pesan pemberitahuan antara lain melalui SMS kepada 410 penumpang SV 825 dan 406 penumpang SV 819. Namun rupanya sebagian penumpang terlanjur datang ke Bandara Soetta.

Kegaduhan calon penumlang SV 825 itu diredam oleh petugas Aviation Security (Avsec) PT Angkasa Pura II dan pihak kepolisian.

Akhirnya calon penumpang difasilitasi oleh pihak kedutaan dan maskapai untuk diinapkan di hotel sekitar bandara.

IMG-20200315-WA0036

Pesawat dengan nomor penerbangan SV 825 telah terbang jam 13.30 dengan tujuan Arab Saudi dan tidak membawa penumpang.

Demikian halnya SV819 dijadwalkan terbang pukul 17.30 dengan tidak membawa penumpang.

BeritaTrans.com dan Aksi.id mengkonfirmasi kejadian itu kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

“Ya memang pemerintah Arab Suadi melarang penerbangan internasional. Jadi penerbangan dari Bandara Soetta pun tidak dapat ke sana,” tutur Awaluddin.

Terhadap persoalan itu, dia menegaskan Bandara Soekaeno-Hatta memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dan maskapai.

Pelarangan Penerbangan

Diberitakan sebelumnya Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Sabtu (14/3/2020), mengumumkan penghentian semua penerbangan internasional untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19.

Seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), mengatakan, seluruh penerbangan internasional dihentikan mulai Minggu (15/3/2020) pukul 11.00 waktu setempat.

Namun beberapa penerbangan akan dikecualikan untuk kasus tertentu selama periode tersebut.

Warga Saudi dan ekspatriat yang berada di luar negeri dan tak bisa masuk sebagai imbas dari keputusan ini, mereka tak akan dikenakan konsekuensi apa pun karena tidak masuk kerja atau aktivitas lain. Periode tersebut akan dianggap sebagai hari libur luar biasa bagi mereka.

Status libur luar biasa juga diberikan kepada warga yang menjalani karantina selama 2 pekan setelah pulang dari negara dengan kasus virus korona tinggi.

Saudi hingga Jumat (13/3/2020) mengonfirmasi 86 kasus virus korona setelah ada penambahan 24 penderita.

Keputusan ini diambil setelah pada Kamis lalu Saudi menutup akses keluar dan masuk ke Uni Eropa serta negara lain, menyusul pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan virus korona sebagai pandemi.

Pejabat kementerian dalam negeri mengatakan, seluruh warga Saudi dan ekspatriat dilarang berpergian ke Uni Eropa serta negara lain yang memiliki kasus virus korona tinggi untuk sementara waktu.

“Pemerintah Kerajaan memutuskan untuk sementara menangguhkan perjalanan warga dan ekspatriat serta menangguhkan penerbangan ke negara-negara Uni Eropa, Konfederasi Swiss, India, Pakistan, Sri Lanka, Filipina, Sudan, Ethiopia, Sudan Selatan, Eritrea, Kenya, Djibouti, dan Somalia, serta melarang warga dari negara-negara tersebut masuk, serta mereka datang dari negara-negara tersebut selama 14 hari terakhir,” kata dia.

(awe).