Angkasa Pura 2

Kepastian Pelaksanaan Mudik Gratis Angleb 2020 Diputuskan Besok

Dermaga KoridorRabu, 18 Maret 2020
IMG-20200314-WA0017

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan hingga saat ini menyatakan belum ada rencana untuk membatalkan kegiatan Mudik Gratis Bus dan Kapal Penyeberangan dalam rangka Angkutan Lebaran 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menegaskan, hingga hari ini (18/3/2020), pendaftaran mudik gratis masih diagendakan dan pendaftaran dimulai 23 Maret untuk bus dan 1 April untuk Kapal Penyeberangan.

“Saat ini karena belum ada arahan untuk lockdown atau karantina wilayah dari Presiden, jadi kami masih akan melanjutkan program mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan sesuai jadwal awal. Namun keputusan final apakah memungkinkan atau tidak mudik gratis ini akan dibahas besok (19/3/2020) setelah rapat dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi selaku Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan,” urai Dirjen Budi.

Dia memahami kegelisahan sebagian masyarakat akibat pandemi virus Covid-19 yang melanda wilayah Indonesia. Saat ini pihaknya berusaha untuk menerapkan pembatasan sosial (social distancing).

Lebih lanjut lagi, Dirjen Budi mengatakan, untuk meminimalisir dampak penularan Covid-19 saat mudik gratis, akan dilakukan pembatasan jumlah penumpang.

“Kami akan mengurangi jumlah penumpang mudik gratis sebagai konsekuensi untuk tetap menjaga jarak antarpenumpang di dalam bus maupun kapal penyeberangan. Namun untuk detil jumlah penumpang masih kami bahas,” pungkasnya. (omy)