Angkasa Pura 2

Virus Corona Picu Penurunan Jumlah Penumpang KA di Malang

EmplasemenSenin, 23 Maret 2020
P_20191230_174007_1_resize_34

MALANG (BeritaTrans.com) – Merebaknya wabah Covid-19 atau virus Corona membuat penurunan jumlah penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Kota Baru, Malang, sekitar 30 persen.

“Sekitar 1.100 penumpang membatalkan keberangkatan,” kata Wakil Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Mochammad Nur Ghozuli, Senin (23/3/2020).

Penumpang yang membatalkan sebagian besar merupakan penumpang rombongan. Diperkirakan sebagai wisatawan yang berwisata di sejumlah objek wisata di sekitar Malang. Namun, sejumlah objek wisata telah ditutup selama dua pekan.

Rata-rata jumlah penumpang kereta yang berangkat dari Stasiun Kota Baru sebanyak 5.500 orang per hari. Penumpang yang membatalkan keberangkatan umumnya untuk rute Yogyakarta dan Jakarta.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi dan mencegah wabah virus corona, petugas KA memeriksa setiap penumpang. Mengecek suhu badan saat boarding. Juga disediakan pos layanan kesehatan untuk pelayanan penumpang.

Jika suhu badan panas, dilarang naik. Selain itu, antrean juga dibatasi jarak minimal 1 meter. Saat penerapan antisipasi ini, seorang penumpang terdeteksi dengan suhu 38 derajat celsius. “Riwayat tak pernah ke luar negeri. Kemungkinan flu biasa,” katanya.

Namun sesuai ketentuan penumpang dilarang melanjutkan perjalanan kereta. Ia diantarkan untuk cek kesehatan di klinik kesehatan terdekat. “Tiket langsung dikembalikan 100 persen,” katanya.

Selain itu, juga telah dilakukan disinfeksi di kereta, stasiun dan ruang tunggu. Disinfeksi diharapkan bisa mencegah penularan virus corona. (dan/tempo.co/foto: ilustrasi/ist)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari