Angkasa Pura 2

Bus Punya Banyak Spion, Musuh Utama Tetap Sepeda Motor

Koridor OtomotifRabu, 25 Maret 2020
5e78cf5c1bbb0

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Spion merupakan komponen penting untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan.

Fungsi spion juga lebih penting pada kendaraan yang besar dan memiliki banyak titik buta ( blind spot) seperti bus.

Biasanya bentuk spion yang ada di bus, modelnya sedikit maju ke depan dan terletak di kanan – kiri bus. Pada model bus saat ini, ada spion tambahan yang terletak dekat dengan kaca pengemudi. Apa fungsi dari spion tersebut?

Rifandy Adrianto, staf pemasaran dari karoseri Adi Putro, mengatakan, tambahan spion dekat kaca pengemudi berfungsi untuk mengurangi blind spot ketika mengemudi.

“Fungsinya untuk blind spot bawah bagian depan. Biasanya sepeda motor kadang ada di sebelah bus dan tidak terlihat. Kecelakaan biasanya terjadi karena waktu menyalip, motor di samping bus enggak kelihatan,” ucap Rifandy, Senin (23/3/2020).

Selain ada tambahan yang dekat kaca pengemudi, bentuk dari kaca spion yang lainnya juga berbeda dengan kendaraan lain. Seperti yang dikatakan oleh Werry Yulianto, Manajer Ekspor Karoseri Laksana.

“Spion kanan dan kiri bus masing-masing ada dua kaca cembung. Bedanya ada pada kecembungan dari kacanya dan memengaruhi jarak lihatnya. Jadi kalau dijumlahkan, total spion yang ada di bus yaitu enam,” kata Werry.

Mengatur spion pada bus harus dilakukan agar bisa mengurangi blind spot. Kebanyakan bus mengatur spion dengan cara manual, hanya sedikit yang sudah elektris pengaturannya.

“Standarnya manual untuk mengatur spionnya. Ada yang elektrik, cuma lebih mahal karena ada aktuatornya yang menggerakkan cerminnya,” ujar Werry. (dan/kompas.com/foto: ilustrasi/ist)