Angkasa Pura 2

Petugas Operasional Pelindo I dan Keluarga Diberikan Vitamin C Dosis Tinggi

Dermaga Ekonomi & BisnisRabu, 25 Maret 2020
IMG-20200325-WA0021

IMG-20200325-WA0019

MEDAN (BeritaTrans.com) – Petugas operasional PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan keluarganya diberikan vitamin C dosis tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan upaya antisipasi penyebaran virus Corona.

Direktur Utama Pelindo I Dian Rachmawan membagikan pembagian vitamin C dosis tinggi di area Terminal Curah Cair Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Selasa (24/3/2020).

Pembagian vitamin didampingi General Manager Pelindo 1 Cabang Pelabuhan Belawan Yarham Harid dan General Manager Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Indra Pamulihan.

Penerima adalah para pandu, operator Container Crane dan Rubber Tyred Gantry Crane, anak buah kapal (ABK) serta pelaksana operasional yang mewakili pelayanan operasional di Terminal Penumpang, Barang, Terminal Curah Cair, dan Terminal Curah Kering yang bekerja di Cabang Pelabuhan Belawan maupun Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan.

“Mereka merupakan para pegawai Pelindo I yang bertugas di lapangan yang menjadi ujung tombak terdepan dalam pemberian pelayanan kepada para pelanggan,” jelas Dian.

Pelindo I terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah potensi penyebaran virus Corona di lingkungan kerja, salah satunya dengan membagikan vitamin C dosis tinggi kepada para pegawai yang berada dalam barisan depan pelayanan operasional.

“Suplemen ini harus dikonsumsi setiap hari bersama anggota keluarga karena kami harus memastikan bahwa SDM Pelindo I prima dan sehat dengan mematuhi protokol pelayanan dalam masa pandemik ini,” ungkapnya.

Dalam pelayanan operasional, petugas diwajibkan menggunakan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, kaca mata, dan menerapkan social distancing dengan menjaga jarak antarindividu yang berada di ruang publik.

Saat ini Pelindo I juga telah menerapkan Work From Home (WFH) yang merupakan kebijakan melaksanakan pekerjaan sesuai target, berkoordinasi, dan melakukan tugas lainnya dari tempat tinggal pegawai.

Kebijakan WFH Khususnya bagi pegawai administrasi atau non operasional yang diterapkan di Pelindo I diatur dengan skema yang telah ditentukan secara bergantian atau parsial yang diatur oleh masing-masing kepala divisi/cabang agar mendukung kinerja perusahaan.

“Konsep WFH ini dilaksanakan menyusul adanya himbauan dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah yang bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona. Untuk petugas operasional bekerja dengan sistem shift sehingga operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik 24/7,” imbuh dia.

Dian mengemukakan, digitalisasi yang telah dilakukan di Pelindo I sangat membantu operasional kepelabuhanan, sehingga interaksi antara petugas dan pengguna jasa baik di kantor maupun di lapangan sudah sangat berkurang.

Dalam situasi seperti ini, pihaknya menginstruksikan seluruh pegawai untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri baik fisik maupun mental dan tidak menyepelekan pandemik ini, sehingga keluarga dan lingkungan kerja bisa sehat dan aman.

“Namun, kami akan memastikan bahwa pelayanan operasional di pelabuhan serta arus barang dan logistik tetap berjalan lancar di tengah situasi pandemik seperti ini. Dengan kewaspadaan yang tinggi, tetap mengedepankan pelayanan karena pelabuhan menjadi bagian mata rantai perekonomian nasional,” pungkasnya. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari