Angkasa Pura 2

Transportasi Multimoda Telah Hadir Dukung Kemudahan Akses Bandara Internasional Yogya

Bandara Emplasemen KoridorKamis, 26 Maret 2020
IMG-20200326-WA0028

IMG_20200326_154759

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Transportasi multi moda dukung kemudahan akses Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo yang akan dimulai Minggu (29/3/2020).

“Hal ini memudahkan pengguna jasa bandara dalam melakukan alih moda transportasi ketika melakukan perjalanan udara melalui YIA,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Kamis (26/3/2020).

Beragam jenis transportasi multi-moda tersebut yaitu airport shuttle yang disediakan oleh DAMRI dan SatelQu. Ada taksi dengan argo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju dan dari pusat Kota Yogyakarta serta beberapa daerah di sekitar Provinsi Yogyakarta seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya.

“Dukungan transportasi multi-moda ini merupakan upaya Angkasa Pura I bersama para pemangku kepentingan transportasi darat lainnya, baik regulator dan operator layanan transportasi, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui YIA,” urainya.

Diharapkan, kemegahan dan nilai seni serta budaya di YIA yang dilengkapi dengan dukungan sarana transportasi multi-moda akan memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi para pengguna jasa.

Untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta, penumpang dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat.

BUS DAMRI

Untuk layanan shuttle bus DAMRI, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan, yaitu dari Bandara Adisutjipto-YIA selama 2 jam. Malioboro-YIA 1,5 jam dan Ambarketawang-YIA , 1 jam perjalanan.

Titik keberangkatan DAMRI menuju YIA yaitu Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen.

“Estimasi biaya DAMRI menuju YIA yaitu berkisar dari Rp25.000- hingga Rp 70.000/penumpang, bergantung pada jarak tempuh,” ungkap dia.

Sedangkan jam operasional DAMRI mulai pukul 03.00 hingga 20.00 WIB dengan interval waktu berangkat (headway) selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).

SatelQu

Untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta menggunakan shuttle bus SatelQu, penumpang dapat memilih tiga rute yaitu utara, tengah, dan selatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam bergantung pada jarak dari titik keberangkatan dan estimasi biaya Rp 50.000 hingga Rp 70.000/penumpang

Adapun rincian tempat yang disinggahi tiga rute SatelQu tersebut yaitu:

1. Rute utara: Maguwo (Bandara Adisutjipto) – Hotel Grand Keisha – Prime Hotel – Hotel UC UGM – Hotel Phoenix – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA.

2. Rute tengah: Bandara Adisutjipto – Hotel Eastparc – Hotel Grand Mercure – Hotel Pesonna Tugu – Grand Serella – Terminal Jombor – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA.

3. Rute selatan: Bandara Adisutjipto – Jogja Expo Center (JEC) – Hotel The Cube – YATS Colony – Rest Area Ambarketawang – YIA.

“Untuk interval waktu berangkat (headway)_ SatelQu yaitu selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan 60 menit sekali Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto),” kata Faik.

Selain rute YIA-Yogyakarta, SatelQu juga melayani rute sekitar Yogyakarta yaitu Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Jombor, Purworejo, Wonosobo, dan Banjarnegara.

Taksi dan Angkutan Sewa Khusus

Selain airport shuttle Damri dan SatelQu, penumpang juga dapat menggunakan taksi bandara, seperti Rajawali, JAS, Pataga, serta Angkutan Premium Golden Bird, yang dapat dipesan sesuai jadwal penerbangan di YIA.

Untuk taksi online, Grabcar atau Grabtaxi sudah resmi beroperasi di YIA dan dapat dipesan melalui aplikasi Grab.

Jika ingin menyewa mobil dari YIA untuk mengunjungi destinasi pariwisata di sekitar Kulon Progo dan Yogyakarta, penumpang dapat memesan angkutan sewa khusus seperti KSU Putra Galih, Inkoppol, dan Jaladipa.

Kereta Api

Untuk transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, penumpang dapat memilih kereta api yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks), dengan waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit.

Untuk rute keberangkatan KA Bandara yaitu Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo dengan estimasi biaya Rp 25.000/penumpang. Sedangkan rute keberangkatan KA Prameks yaitu Stasiun Maguwo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo.

“Dari Stasiun Wojo, YIA dapat ditempuh 10 menit menggunakan shuttle bus DAMRI,” ucapnya.

Dengan beragam pilihan transportasi darat dari dan menuju YIA, maka akan semakin memudahkan perjalanan penumpang dari dan ke Yogyakarta. (omy)