Angkasa Pura 2

Kemenhub: Tidak Ada Bandara yang Ditutup

Bandara KokpitSenin, 30 Maret 2020
IMG-20200329-WA0042

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara kembali menegaskan bahwa tidak ada bandara yang ditutup.

Namun menurut Kepala Bagian Kerja Sama Internasonal, Humas, dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Budi Prayitno, berdasarkan update terakhir video confrence hari ini (30/3/2020) yang diperlukan adalah pembatasan.

“Pembatasan pengangkutan penumpang perlu dilakukan dengan pengawasan ketat Kementerian Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Budi menjawab BeritaTrans.com.

Kerja sama ini dilakukan untuk memastikan Kondisi kesehatan penumpang dalam keadaan sehat dan guna mencegah meluasnya Covid-19.

Seperti diketahui beberapa Kepala Daerah menyurati Kemenhub terkait keinginan untuk menutup sementara bandara dampak pandemi Covid-19.

Disebutkan Budi, sebenarnya sudah terjadi penurunan aircraft movement dan passenger movement sampai 50% di semua bandara, berdasarkan laporan dari pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II.

Sebelumnya diberitakan bahwa Bandara merupakan obyek vital yang tidak hanya melayani penerbangan untuk penumpang tetapi juga melayani angkutan kargo, logistik dan pos yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Selain itu bandara juga mempunyai fungsi sebagai bandar udara alternatif (alternate aerodrome) bagi penerbangan yang mengalami kendala teknis maupun operasional, melayani penerbangan untuk penanganan kesehatan/medis (medivac evacuation) serta untuk penerbangan yang mengangkut sampel infection substance Covid-19,” tutup Budi. (omy)