Angkasa Pura 2

300 Lebih WNI Kru Kapal Pesiar Masuk Bandara Ngurah Rai Langsung Rapid Test Covid-19

Bandara Dermaga SDMSelasa, 31 Maret 2020
images (29)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 300 orang lebih Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai kru kapal pesiar tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, membenarkan perihal kedatangan ratusan kru kapal pesiar dari luar negeri tersebut.

“Tadi malam kita kedatangan kru kapal pesiar sekitar 300 orang lebih. Kita sudah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk memastikan apakah para kru kapal pesiar ini sehat atau tidak. Lalu apakah mereka sudah diperiksa atau ditest COVID-19 atau tidak,” kata Dewa Made Indra, di Bali, Selasa (31/3/2020)

Dalam keteranganya, Dewa Made Indra melanjutkan, Kementerian Luar Negeri memastikan jika mereka semuanya dalam kondisi sehat dan telah menjalani berbagai tes kesehatan yang berkaitan dengan Virus Corona atau COVID-19.

“Dalam komunikasi kami dengan Kementerian Luar Negeri dinyatakan semuanya dalam kondisi sehat dan telah dilakukan test PCR hasilnya negatif. Maka dari itu mereka diizinkan pulang ke Indonesia,” kata dia.

Kendati begitu, sebagai bentuk kewaspadaan Satgas tetap memberlakukan protokol kesehatan kepada mereka setibanya di Bandara Ngurah Rai dengan melakukan rapid test (test cepat).

“Kami merasa belum cukup dengan hal itu. Sebagai bentuk kewaspadaan, kami merasa perlu mengambil tindakan tambahan yakni, melakukan rapid test di Bandara Ngurah Rai,” tuturnya.

Dalam rangka itu, Dewa Made Indra menjelaskan Satgas mengirimkan 25 petugas untuk melakukan rapid test.

“Hasilnya semuanya negatif. Oleh karena itu, tadi malam juga telah dipersilakan pulang dengan ketentuan wajib melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Kita sudah lakukan kontrol ketat di dalam dan luar negeri,” tutur Dewa Made Indra.
(fhm/sumber viva)