Angkasa Pura 2

12.748 Pelaut Indonesia Masih Berada di 89 Kapal Pesiar Asing

Dermaga Destinasi SDMKamis, 2 April 2020
322020123416

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengungkapkan hingga Selasa (31/3) tercatat 12.748 awak kapal asal Indonesia yang terdampak dari pandemi virus corona atau covid-19.

Mereka bekerja di 89 kapal pesiar yang dioperasikan sepuluh perusahaan. Dia menambahkan tidak semuanya akan pulang ke Indonesia namun ada beberapa awak kapal dari Indonesia memutuskan untuk tetap bekerja di atas kapal meski tidak berlayar.

Sampai 1 April, anak buah kapal yang sudah tiba di Indonesia berjumlah 963 orang, baik yang pulang melalui penerbangan komersial dan pesawat charter.

Biaya pemulangan ditanggung oleh perusahaan. Menurut Judha, tidak ada ABK yang dipecat, bahkan sebagian perusahaan tetap menggaji mereka yang sudah pulang ke tanah air.

Terkait WNI di Malaysia, lanjut Judha, dampak dari penerapan MCO (MOvement Control Order) paling besar dirasakan oleh WNI yang bekerja sebagai buruh harian lepas. Sedangkan mayoritas warga Indonesia yang memiliki majikan tetap dalam kondisi relatif baik.

Foto: ilustrasi